[Review Kpop] UNIVERSE – MINHYUN

by - April 07, 2019


Tepat tanggal 3 April 2019, sebuah single digital yang sudah ditunggu-tunggu sejak 1,5 tahun cahaya (halah, maaf lebay) akhirnya dirilis juga diplatform musik digital sejagad raya maya. UNIVERSE adalah single solo Minhyun, satu dari lima member NUEST, merupakan pre-release track dari album terbaru NUEST yang akan datang. Jadi sebelum album comeback NUEST as a whole 5 members (YAY!), lagu Universe ini dirilis lebih dahulu. 


Review Minhyun Universe


Alasannya, kalau menurut gue pribadi nih, sebagai jawaban atas kerinduan L.O.V.E ( nama fandom NUEST) terhadap Minhyun yang sudah lama gak pulang-pulang. Gak selama bang Toyib sih, cuma sekali lebaran dan 2 tahun baruan aja. Tapi kan tetap lamaaaaaaa.. gak nyenggol-nyenggol kita, cyn.. *hahaha kachaw bahasa gue!*

Alasan kedua adalah ini bisa jadi langkah Pledis memenuhi keinginan para fans Minhyun dari era Produce 101 season 2 yang minta Minhyun solo. Meskipun Minhyun tetap teken kontrak bareng dengan anak-anak NUEST lainnya, tapi kan lumayan dikasi single solo. Daripada lu manyun kan yeee mending lu MINHYUN.  *iyeee in aja....* 

UNIVERSE – MINHYUN, And the Story Continues..  

Anyway, back to the song. Gue mencoba untuk mereview lagu ini seadil dan sebijaksana mungkin, secara gue sempat membaca fanwar sengit antara dua fandom, karena interpretasi lagu ini. Mmh.. mungkin lebih tepatnya music videonya kali ya. Coba deh nonton dulu.. 




Untuk kamu yang belum tahu, kok bisa sih music video secinematic dan seindah ini (azzah!) bisa jadi perdebatan dan kenapa gak dinikmatin aja sebagaimana kita menikmati lagu pada umumnya, gue Cuma bisa bilang ‘welcome to the kpop world, where everything’s matter.”Apalagi untuk music videonya NUEST yang sejak era album Q is sampai era NUEST W Who.You sudah menyajikan tipikal story telling music video yang penuh misteri. Bukan dalam hal yang nyeremin yah, tapi lebih kepada ceritanya. 

Lah terus hubungannya sama lagu UNIVERSE apa? 

Minhyun pernah bilang di Vlive bahwa UNIVERSE ini merupakan lagu penghubung masa lalu, saat ini dan masa depan music (video) nya NUEST. Jadi gak heran lah ya, kalau banyak yang menghubung-hubungkan cerita di MV Overcome hingga MV Help Me dengan MV Universe. There are a lot of theories yang saking banyaknya, gue malah berpikir ini Lobedeul adalah fans-fans yang bisa banget jadi penulis fanfic wattpad. 

Sementara di caption MV Universe sendiri, pihak Pledis menyatakan bahwa Universe ini adalah sinyal untuk mengumumkan selesainya "trilogi" yang dimulai dari mini album ke 4 [Q is.]. Ini adalah konsep yang diusung bapak CEO Pledis yang terhormat agar NUEST itu beda aja dengan other boyband.

The Queen's Knight, Konsep Awal Nuest Saga 

Konsep awalnya adalah cerita manhwa berjudul The Queen’s Knight yang menjadi dasar story line MV Overcome. Dalam manhwa tersebut diceritakan seorang perempuan biasa Lee Yuna hampir saja tewas dalam liburannya menemui ibunya di Jerman. Dia ditolong oleh seorang lelaki bernama Rheino yang ternyata adalah seorang Ksatria di negeri Phantamasia. Sebagai balas jasa karena sudah menyelamatkan nyawa Yuna, dia minta Yuna menjadi Queen di kerajaannya yang dilanda musim dingin berkepanjangan. Jika ada Queen, maka musim dingin akan berganti musim semi. Yuna setuju, jadilah ia ratu. 

Di kerajaan tersebut Yuna dikawal empat orang ksatria termasuk Rheino. Mungkin karena keseringan ketemu kali ya.. Yuna malah jatuh cinta sama Rheino. Padahal itu gak boleh, karena akan membahayakan kerajaan. Semua akan tertidur dan musim dingin berkepanjangan akan datang lagi. Yuna melarikan diri ke dunia beneran dan untuk mengajak Yuna kembali ke kerajaan, Rheino harus menginvasi masuk ke dalam mimpi Yuna.


Minhyun Universe



Sort of.. begitulah cerita The Queen’s knight. Berangkat dari cerita itu, konsep dari MV Nuest dibuat dan penyambungnya adalah MV Universe. Menurut credit di akun channel Pledis, lagu ini melengkapi trilogy yang dimulai dari album Q is.  Meskipun konsep awalnya adalah cerita manhwa tapi dibuat jadi lebih misterius endingnya oleh team produksi nya Pledis (iyalah..masa gue?). Nah.. karena itulah beragam teori bermunculan.

Sok atuh nonton MV Overcome dulu.. 



Review Music Video UNIVERSE


Gue sih sebagai pemerhati musik (tsah... main aman) sebenarnya punya teori sendiri. Gak ribet dan penuh kalkulasi sampai merhatiin jam, kompas, batu-batuan, apalah apalah segala. Music video yang direkam di Budapest,Hungaria ini awalnya memperlihatkan Minhyun terkapar di karpet seperti gak ada harapan hidup. Mati enggan hidup gak mau gitu deh, ibaratnya. Bukan karena terluka fisik, tapi lebih karena terluka dalam. Hiks! 


Review Minhyun Universe NUEST


Oleh seorang tetangganya yang probably scientist, Minhyun dibantu untuk recover perasaannya dengan membuatnya tertidur. You know, sometimes if you stress a lot, sleep is the best healing karena katanya saat tidur otak kita akan mendelete pikiran-pikiran yang tidak perlu. Di sini Minhyun malah bermimpi masa-masa indahnya dengan seorang cewe (yaa iyalah, masa sama JR sih. Itu mah Daybreak!).  


Review NUEST Minhyun Universe


Oohh pacaran mereka ternyata. Minhyun selalu pengen balik ke masa itu, jadilah karena ketagihan pengen merasakan masa-masa indah itu lagi, tanpa si kakek itu pun dia nyuri kristal dan nyalain mesinnya sendiri. Apapun demi pengen melihat cewe itu lagi. Sayangnya begitu dimimpiin lagi, kadang-kadang dia melihat ada tempat yang dia rasanya familar tapi belum pernah dia datangi. Wajah si cewenya pun sering berganti dengan perempuan lain dari era yang berbeda. Lalu mimpi berlanjut, ternyata Minhyun ditinggalin sama pacarnya. Sedih dong.. nangis. Ya ampun, Minhyun.. untung kamu pake mascara water proof ya jadi gak bleber. 


Minhyun Universe


Surprisenya adalah, lewat mimpi itu Minhyun terbawa ke masa lalunya di mana dia ternyata adalah seorang ksatria yang menjaga sang ratu. Dan ratu itu mirip banget dengan perempuan yang ninggalin dia. Deg! Minhyun finally knows the reason why the girl left him. Abis deh...  yaah..pemirsaaahh harus menunggu lagi lanjutannya di MV berikutnya. 


Review Minhyun Universe

Di luar cerita dan teori-teori yang ada, gue pikir MV kek nonton teaser film dalam waktu 3 menit. Story line nya sederhana tapi kuat banget nempel di hati (cieee... pake lem korea kali nih). Scene pacarannya probably kelihatan cheesy tapi sebenarnya penuh arti. Misal baca buku sampai ketiduran. If you look closely, buku yang dibaca adalah buku A Brief History of Time yang ditulis oleh Stephen Hawking. Isi bukunya tentang alam semesta apakah ada permulaan waktu dan apakah waktu dapat berjalan mundur. Sort of it. Hal kedua adalah adegan pacarannya di bawah teleskop bintang, sebagai gambaran lirikal 'akankah kau melihat langit dan memikirkanku?'

Minhyun Universe NUEST

Gak rugi lah jauh-jauh syuting ke Budapest, cuma buat menemukan lokasi dan model MV yang feel kerajaannya dapat banget. I mean, Budapest kan terkenal dengan castle dan suasananya yang europe classy banget gitu. It’s worth the money lah buat Pledis. Lu sayang-sayang tuh Minhyun sudah kerja keras bagai quda 1,5 tahun nambah pundi pundi lu.. *hahaha malah sewot*  

Gue juga gak nyangka loh Minhyun sekarang aktingnya ada kemajuan banget. Untuk yang pernah nonton akting Minhyun di drama keluarga MBC bareng Yura Girls’ Day, pasti tahu lah ya kalau ini kemajuan banget. Kecuali pas adegan lari peluk itu yaah (hahha.. itu asli kek ayah dan anak), sisanya bolehlah. Apalagi pas adegan ditinggal pergi si pacar. Haduhh sayang.. sini aku puk puk. Overall, music video ini bisa menggambarkan lirik lagu Universe meskipun kamu gak ngerti bahasa Korea sekalipun. 

Review Lagu UNIVERSE 


Bahas Mvnya tentu gak bisa lepas dari lagunya. Ya iyalah! Lagu Universe ini dibuat oleh Bumzu dan liriknya ditulis oleh Minhyun, Bumzu dan Seojim. Sebenarnya Ini bukan lagu pertama yang liriknya di co-wrote oleh Minhyun. Sebelumnya Minhyun pernah menulis lirik untuk lagu ‘Thank You’ di album Love Paint NUEST. Gak heran karena mas mas ganteng ini suka baca buku, jadi  vocabulary dan tatanan kata yang dipilihnya bisa jadi lirik. (Belaainn aja terus.. hahaha). 

Mumpung pada ngumpul, nonton ini Unboxing CD Nu'est Happily Ever After 



Gue adalah orang yang suka lagu karena liriknya. Apakah berima, apakah puitis, apakah artinya daleeem.. yah begitulah. Bisa dibilang lirik lagu UNIVERSE ini memenuhi ketiga kriteria gue. Secara garis besar lirik lagu Universe ini menceritakan perasaan seseorang yang harus berpisah dengan orang yang dicintainya. Orang yang digambarkannya sebagai setengah dari jagad rayanya. Inget loh ya.. setengah aja, karena yang setengahnya milik yang lain. Hihihi.. 

LIRIK LAGU UNIVERSE Itu Sebenarnya Buat Siapa Sih.... ? 


Bagi penikmat musik biasa, mengetahui liriknya paling yang tergambar adalah kerinduan seseorang untuk bertemu lagi dengan orang yang meninggalkannya, ya kan? Tapi bagi yang tahu sejarah karirnya Minhyun, apalagi tahu kalau liriknya ini mostly ditulis oleh Minhyun sendiri, tentu gak bisa lepas dari pikiran.. “Ahhh.. lagu ini untuk Wannable (fans Wanna One, grup PD 101 S2 yang sudah bubar)” atau “Lagu ini buat LoVe, balasan untuk lagu Polaris yang dibuat oleh anak2 Nuble ketika Minhyun pergi”.

Gue sendiri yang nge stan NUEST, pas pertama kali tahu arti lirik dari lagu UNIVERSE ini, mikir ‘Wahh lagu ini buat Wannable”. Ok, tahan dulu Lobedeul... jangan ngegas dulu. Tapi setelah membaca artinya untuk kedua kali, gue yakin MINHYUN nulis lirik ini sambil memikirkan LOVE dan NUEST juga. 

Mari kita telaah bersama.
Di verse Universe, Minhyun nyanyi gini:

Minhyun Universe Lirik

Seperti yang diketahui bahwa stannya Minhyun era Wanna One ada yang gak suka dia balik ke NUEST. Maunya Minhyun solo aja (yang gue heran kenapa gak minta Daehwi dan Woojin solo juga ya? Eh upss.. lain cerita!). Lah gimana, Minhyun memilih tanda tangan kontrak lagi bareng NUEST. Tapi kan gak mungkin juga Minhyn melupakan jasa-jasa wannable yang sudah mendukungnya di Wanna One. Maka digambarkanlah Wannable adalah sisi lain universe nya Minhyun yang (sekarang ) sudah jauh. Trus dikasi opsi sama Minhyun, kalau memang mengingat Minhyun bikin mereka menderita, ya sudahlah lupakan saja akuuuuhh...  gitu!

*Bayangin cowo yang kamu cintai bilang gitu. Ayo bayangin! Pasti lu gak tega*

Lanjooottt!!
Di bagian kedua :

Minhyun Universe Lirik


Di mata penikmat musik biasa ini bisa berarti ‘bagi si cewe, pada saat bilang ‘KITA PUTUS” itu bisa jadi beneran sudah selesai cerita. Tapi bagi yang ditinggal, akhir cerita mereka sebenarnya permulaan dari kisah awal mereka alias cowoknya gak mau putus. 

Di mata Kpopers kek gue, penggalan lirik ini bisa berarti buat Wannable. Ketika Wanna One berakhir, Wannable bisa jadi menganggap ini adalah akhir dari kisah-kisah indah mereka selama 1,5 tahun. Tapi bagi Minhyun, akhir dari Wanna One adalah permulaan bagi hidupnya yang baru. Kembali bersama NUEST.

Tahaaaaaan.... jangan ngegas!

Minhyun Universe Lirik lagu
Ku tiba-tiba teringat finale season Produce 101 ketika Minhyun sendiri yang harus bergabung dengan Wanna One. Gue masih gak bisa lupa Minhyun nangis di stage, sampai di backstage pun masih sembab gitu matanya. Dihiburpun masih tetap aja nangis. Huhuhu.. aku cediihh..




Selanjutnya di bagian lain  : 


Minhyun Universe Liirk

Ingat gak kejadian Minhyun maen ke fancafe NUEST terus dibash sama ....... (sensor)? Videonya dengan anak-anak Nuest di backstage Mcountdown juga akhirnya di take down Mnet sendiri. Minhyun dan anak-anak nuble gak bisa mention satu sama lain, entah itu on air bahkan on stage. Kasian juga sih liatnya.. Istilahnya, teman bermain dan belajar kurleb 8 tahunan (including masa trainee), yang sudah kek saudara gitu, teman gesrek bareng, jadi tiba-tiba sok gak kenal gitu di stage. Gimana gak hancur hati kita pemirsaaahh... 




Di part yang lain : 

Lagu Minhyun Universe



Nah, kalau yang ini balasan untuk lagu POLARIS di albumnya NUEST W. Gue gak mau bahas lagu Polaris terlalu dalam (takut sedih lagi) . Mending kamu cek sendiri aja liriknya, mungkin bisa sambil dengerin juga lagunya. Enak tahu.. Gak usah malu, gak suka NUEST W gak apa-apa. Dengerin dulu aja. Kalau pun akhirnya jadi suka, yaaahh gimana... WELCOME TO THE CLUB!!




Lanjoottt ke line berikutnya. Di bagian terakhir ini gue pikir untuk ke dua kubu ( LOVE dan Wannable). 


Lagu Minhyun Universe

Jika kita bisa bertemu lagi, aku akan tetap disi untuk waktu yang lama. 
Minhyun pernah nulis di fancafe saat kembali lagi ke NUEST bahwa dia akan tetap bersama-sama dgn NUEST untuk waktu yang lama. 

Menyinarimu dengan bahasaku sendiri, 
maksudnya adalah Minhyun akan tetap berkarya meskipun tidak lagi dengan warna yang sama sewaktu bersama Wanna One.

Lirik Minhyun Universe

Meskipun kau begitu kecil, kau tetap sangat cantik.

Yeahh.. siapapun keknya bakal kelihatan kecil dan mungil di samping Minhyun yang sudah tinggi, big head pula. Hahaha kidding! 

Please be Happy, my universe.
Tuhh.. Love dan Wannable disuruh happy tuh sama Minhyun. Sudah dong.. masa war melulu. Apapun keputusan Minhyun dan langkah karirnya, be happy for him. Ok yaaa gengs??!!

UNIVERSE, A Language Of The Stars 


Secara musikal universe sendiri bergenre R & B dengan peralihan dari tempo lambat pop dance yang bisa dipake buat goyang-goyang badan dikit lah. Melodi dan aransemen lagu Universe berbeda dengan lagu solo Minhyun sebelumnya ( Koisuruhi – ballad berbahasa Jepang dan Daybreak di mana JR featuring nge rap di lau itu). Lebih upbeat but melancolic in same ways mungkin karena sound gitar dan suara Minhyun yang mellow yellow. 


Lagu Minhyun Universe


Lagu Universe ini juga berbeda dengan lagu-lagu NUEST sebelumnya, mungkin karena Baekho tidak terlibat di dalamnya. Meskipun gue gak ada masalah sama lagu-lagu yang dibuat Bumzu bersam Baekho, tapi gue lebih suka kerjasama Bumzu dan Prism untuk lagu Universe ini. Minhyun banget lah! Memang sih, di beberapa bagian lagu ada instrumen yang mengingatkan saya pada lagu ‘I Like Me Better’ by Lauv, tapi menurut aku gak masalah. Mungkin begitulah tipikal lagu jaman sekarang. Selain itu melodynya juga catchy, gampang diikuti meskipun gak faham bahasa Korea sekalipun.

Be Happy, Universe! 


So, that’s it review gue tentang single solo UNIVERSE nya Minhyun sebagai bagian dari album comebacknya NUEST. Gimana pendapat kalian soal lagu, MV dan lirik dari lagu ini? Please comment di bawah ini ya.. But please, tolong jaga bahasa dan jangan sampai fanwar. Anggaplah lagu UNIVERSE Minhyun ini seperti tagline nya SCTV : SATU UNTUK SEMUA atau kek TVRI : MEDIA PEMERSATU BANGSA' . Ok? 

Be happy, universe!. 

You May Also Like

3 Comments

  1. Astaga aku malem malem bacanya nggak kerasa ada yang netes di pipi :')
    Makasih admin atas infonya. Bener bener bermanfaat🙇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama... Panggil Vita aja dong, jangan Admin. Ini personal blog lohh bukan fanbase.

      Delete
  2. dari semua teori2 MV Universe entah kenapa ini yg paling mengena sekaliiii

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.