Skip to main content

[NOVEL] MEMORITMO,Ada Cerita dalam Setiap Nada

Setiap orang pasti memiliki kecintaan atau pengalaman personal pada lagu-lagu favoritnya. Kita, si penikmat musik saja punya list yang bejibun. Apalagi orang-orang yang bergelut di industri musik, entah itu para musisi,lirikus,pengamat musik, music director, penyiar dan masih banyak lagi.  Dan dari sekian banyak lagu yang pernah didengar pasti ada satu yang paling juara banget saking bermaknanya. Nah, Memoritmo ini adalah semacam buku yang merangkum itu semua. 

Ini buku.. bukan kaset jaman dulu 

Buku ini dibuka dengan tulisan Eross Chandra Sheila On 7  yang memilih lagu Across The Universe-nya The Beatles. Eross tidak saja membahas masalah lirik (secara doi kan lirikus handal juga yah..) namun juga masalah teknis pada efek vokal John Lennon dan intro gitar yang menurutnya sedikit ceroboh. Baginya lewat lagu ini dia merasakan relevansi pada kehidupannya. Untuk menetralisir segala macam mood yang berubah-ubah dia sering mendengarkan lagu ini dengan volume diatas wajar sembari mandi air hangat. Aiihh..mudah-mudahan setelah itu gak jadi masalah dengan tetangga ya,Ross.. 

Vabyo a.k.a Valiant Budi, si penulis yang sempat menulis lirik untuk lagu Sm*ash  ini memilih Sahabat Gelap dari band Kubik. Untuk yang belum tahu band Kubik, tenang.. ntar juga ada penjelasannya di buku ini. Berbeda dengan Eross yang menuliskan interpretasinya secara gamblang, Vabyo memilih untuk menuliskannya secara berbeda. Ala cerpen! Disisipi dengan penggalan lirik lagu Sahabat Gelap membuat saya seperti membaca diiringi soundtrack pendukung cerita. 

Masih ada 12 tulisan lainnya dengan cara penulisan yang berbeda-beda. Lagu-lagu pilihannya pun dari genre dan waktu yang berbeda pula. Namanya juga setiap orang seleranya beda-beda. Ada yang menganggap lagu  jaman perjuangan semacam Djuwita Malam itu yang paling asik, ada pula yang terinspirasi dari lagu India tahun 1992 seperti Yeh Jo Halka Saroor Hae. Tenang.. semuanya masih asik untuk dinikmati. Malah mungkin setelah membacanya jadi pengen mendengarkan lagu yang mereka dengar.Lumayan kan bisa nambah wawasan musik..  

Nah, sekarang pertanyaannya adalah.. Lagu apa yang paling bermakna dalam hidupmu? 

Comments

  1. Kubik ini kalo gak salah, satu dr sekian band one-hit-wonder yg muncul skitar thn 96an dgn lagunya yg menjadi favoritku. MATEL. Mungkin Aku Tiba Esok Lusa.....

    ReplyDelete
  2. @ndutyke iyahh saya jg suka itu. Tapi yang paling asik tetap "ANTARIKSA". Lirik simple tapi pas aja. Sayang yah vokalisnya sibuk berumah tangga jadi gak nyanyi lagi :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Jadi ceritanya, saya ini sering kangen sama Daehan, Minguk, Manse. Meski mereka sudah 'graduate' dari The Return Of Superman, saya masih penasaran dibuat penasaran dengan sebuah lagu yang dijadikan backsound di episode 116. Gak cuma saya, ternyata banyak juga loh penggemarnya Daehan, Minguk, Manse yang pengen tahu apa sih judul lagu itu. Saya sampai dikejar-kejar pertanyaan oleh salah seorang fansnya triplets di Instagram.

Biasanya kalau saya gak tahu judul sebuah lagu, saya berusaha menangkap beberapa kalimat dari lyrics lagu tersebut. Abis itu baru deh nanya Om Google. And it works all the time, except for this one : Lagu Backsound di episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Mesin pencari seperti Google atau Bing tidak akan banyak membantu kecuali kita tahu beberapa kata dari lirik lagu atau clue tentang nama artis atau band. Dan saya gak bisa menangkap sama sekali liriknya juga gak tahu pasti siapa yang nyanyi. Gimana caranya ya?




5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Men…

Begini Cara Lulus Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Setelah sebulan mutasi di Mamuju, di akhir bulan April saya ditugaskan ke Jakarta demi menempuh diklat Pengadaan Barang dan Jasa yang diselenggarakan oleh LKPP sekaligus ngambil ujian sertifikasinya. Excited? Yes! Entah kenapa saya suka sekali dengan belajar entah itu namanya kuliah, diklat atau sekedar workshop. 'Jeleknya' lagi, saya suka banget ujian. It's like challenging myself of how good I am to comprehend the study.  Weird, isn't it? 
Baca juga : Hello, Mamuju! 
So, ketika akhirnya saya didaftarkan untuk mengikuti diklat sekaligus ujian sertifikasi ini, I was super excited. Yes, I was a little bit worry whether I can pass the exam, secara sudah sangat sangat bukan rahasia lagi kalau ujian sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah itu susaaaahhh banget lulusnya. There's just a little chance that first time taker like me can pass the exam. It's possible though, but it's rarely happen. Terkadang harus ikut ujian dua tiga kali (bahkan denger-denger …

Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water

Menginjak usia 40 tahun, aku mulai lebih intens memperhatikan perawatan kulit wajah. Usia di mana kebanyakan orang mulai memiliki satu dua garis kerutan, entah itu di dahi, ujung mata atau sekitar bibir. Kulit wajah sudah tidak sekencang dan sefresh saat masih berumur belasan dan dua puluhan, membuat banyak perempuan termasuk aku  ingin tetap menjaga kelenturan kulit wajah. Keriput memang tidak bisa dihindari, tapi paling tidak bisa dimimalisir bukan? Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence WaterKebetulan banget aku menemukan paketan ‘Youthful Kit’. Isinya L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water dan Dex Revitalift White Day Cream. Wah, pucuk dicinta ulam tiba. Pas banget, kebetulan aku sudah sering menggunakan produk-produk L’oreal dan gak pernah ada masalah.


Paket tiba dua hari kemudian dan langsung aku unpacked (check di Youtube Channel Vita Masli, ya. ). Gak sabar banget pengen menggunakan L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water se…