Skip to main content

[NOVEL] Wonderful Radio, Ketika Luka Menjadi Penghalang Untuk Mencinta

Novel ini saya beli dan selesai di baca di bulan September 2012. Sudah lama juga ya. Tapi baru sekarang kesampaian menyisakan sedikit waktu untuk menulis reviewnya. 

Novel Korea Wonderful Radio


Wonderful Radio, Ketika Luka Menjadi Penghalang Untuk Mencinta

Ini adalah salah satu novel terjemahan yang saya suka. Bukan karena ini adalah novel terjemahan Korea. Namun karena novel ini mengangkat kisah seorang penyiar radio dan produser acaranya. Jarang ada novel atau film yang mengangkat kisah penyiar radio. Mungkin karena sebagai penyiar hanya suara saja yang terdengar jadi kelihatannya tidak se"gemerlap" penyiar TV yah? Jangan salah, sebagai penyiar radio banyak hal "tak terlihat" yang lebih gemerlap dan menarik. Salah satunya yang diangkat oleh novel ini.

Wonderful Radio adalah sebuah program yang dibuat untuk menghilangkan kelelahan penduduk kota dengan memutarkan lagu-lagu menenangkan dan menampilkan cerita-cerita hangat saat jam pulang kerja. Acara ini dibawakan oleh si tokoh utama, Shin Jin Ah, yang dulunya adalah seorang idol grup perempuan, Purple. Sayangnya program radio yang dibawakannya itu mempunyai rating yang buruk sehingga perlu perubahan konsep. Pemilik radio akhirnya meminta tolong pada seorang produser yang sudah terkenal Jae Hyeok. Harapan untuk mengangkat rating acara ini kembali kini ada di pundaknya. 

Jae Hyeok dikenal sebagai produser yang kaku. Walaupun dia terkenal sebagai produser yang tak pernah melakukan kesalahan dalam 10 tahun kariernya, tetap saja dia sangat membosankan. Sifatnya tidak bersahabat dan dingin. Sedingin Ice Americano yang selalu diminumnya setiap hari walaupun di musim dingin. Dengan attitudenya yang seperti itu, sudah dua kali rapat dengan para crew tak juga ada ide yang bisa membuat Jae Hyeok senang. Termasuk ide dari Shin Jin Ah yang dianggapnya biasa saja. 

"Jin Ah, ada tiga hal yang harus dimiliki seorang DJ bagus. Ketenaran, kemampuan membawakan acara, sifat. Memiliki ketiganya bagus sekali, tapi aku selalu berpikir bahwa memiliki dua dari tiga hal itu pun sudah cukup." ( Jae Hyeok, hal 62)
Konflict antara Produser dan Penyiar semakin lama semakin bertambah. Suatu hari disaat siaran, Shin Jin Ah salah menyebutkan nama penyanyi. Jae Hyeok yang tak pernah melakukan kesalahan saat bekerja langsung mendatangi Shin Jin Ah dan meragukannya sebagai seorang penyanyi. Shin Jin Ah merasa kesalahan itu wajar karena dia memang sering tertukar antara Kim Hyun Shik dan Kim Gwang Suk. Jae Hyeok tidak bisa menerima kesalahan tersebut Menurutnya kalau bersalah seharusnya minta maaf dan bukannya bermuka tebal. Mereka pulang dengan perasaan yang sama-sama kesal. 

Jin Ah yang tidak bisa menyingkirkan kekesalannya akhirnya memilih mendengarkan lagu dari Kim Gwang Suk yang salah dia sebutkan tadi. Saat mendengarkannya tiba-tiba Jin Ah terbawa kedalam kenangan masa lalunya sebagai seorang idol. Tiba-tiba Jin Ah mengasihani dirinya sendiri yang selalu bersembunyi dalam image buatan. 

Shin Jin Ah, Kau baik-baik saja. Setidaknya sekarang kau dapat melihat dirimu sendiri. Kau telah menemukan dirimu yang hilang. Tiga puluh tahun, belum terlambat untuk cinta maupun pekerjaan,kok. 

Terbawa kenangan masa lalu membuat Jin Ah bisa berpikir lebih jernih. Sebuah SMS permintaan maaf dia kirimkan pada Jae Hyeok. Balasan yang diterimanya memang sangat singkat. Namun setelah kejadian itu kekakuan antara Jae Hyeok dan Jin Ah sedikit demi sedikit mencair. Hal ini juga berpengaruh pada kinerja Jin Ah. Selama ini dia hanya mengikuti rancangan dan naskah yang disiapkan produser dan para penulis (naskah) lainnya. Namun karena Jae Hyeok dengan caranya yang berbeda membuat semua staf tak terkecuali Jin Ah ikut serta dalam programnya. 

Kali ketiga rapat, Jin Ah memberikan konsep baru. Jin Ah memutuskan untuk menjadikan Wonderful Radio sebagai tempat bagi orang-orang untuk menyatakan perasaan kepada orang yang mereka kasihi lalu mempersembahkan sebuah lagu untuk mereka. Jae Hyeok menyukai konsep itu. Maka dibuatlah segment " Lagu Untukmu" di acara Wonderful Radio. 

Ternyata konsep baru ini disukai oleh pendengar. Sedikit demi sedikit rating Wonderful Radio kembali membaik menjadi tiga kali lipat. Ketika Jin Ah dan acaranya mulai naik daun, Mi Ra, teman lamanya di Purple menyerangnya. Memang sudah sejak lama Mi Ra menyimpan dendam dan amarah pada Jin Ah. Mi Ra sakit hati karena Jin Ah membubarkan Purple tanpa berembuk dengan member lainnya. Setelah Purple bubar, Mi-Ra lah sosok yang paling terpukul. Untuk mengubur kesedihannya dia meluncurkan album solo yang sayangnya tidak laku di pasaran. Dia juga sempat membuat sensasi dengan mencoba bunuh diri, tetapi kemudian dia bangkit lagi. Saat itulah dia bertekad untuk menggeser kedudukan Jin Ah. 

Dengan bantuan managernya Mi Ra menempatkan seorang tamu di segment Lagu Untukmu. Tamu itu kemudian mengatakan lagu ciptaan Jin Ah yang sempat menjadi hits Purple pada waktu itu adalah hasil jiplakan. Tidak terima dituduh memplagiat, Jin Ah berteriak dan memaki tamunya saat on air. Walhasil Jin Ah pun diberhentikan dari program Wonderful Radio. Hal ini sangat membuat Jae Hyeok kecewa dan sedih. Dibalik sikap dinginnya, jauh di lubuk hatinya diam-diam dia menyimpan rasa pada Jin Ah. Yang tak diketahuinya sebenarnya Jin Ah pun demikian. 

Namun ketika Jin Ah yang sedang tertimpa masalah ini datang ke apartemen Jae Hyeok, ia malah menemukan wanita lain. Seperti jatuh tertimpa tangga pula, Jin Ah memutuskan untuk melupakan Jae Hyeok. Acara Wonderful Radio pun juga sudah direbut Mi Ra. Jin Ah merasa tak punya apa-apa lagi untuk dipertahankan. Jika kondisi mental Jin Ah lebih lemah sedikit saja, dia pasti tidak akan bisa bertahan. 

Apapun yang terjadi, aku harus terus bertahan hidup. 

Wonderful Radio merupakan novel yang ditulis oleh Lee Jae Ik yang juga penyiar radio. Programnya Cult Show merupakan program yang menghadirkan para pekerja seni Korea seperti Song Hye Kyo, Super Junior, Big Bang, Wonder Girls, 2PM, TVXQ dan masih banyak lagi. Melihat sosok orang-orang yang bekerja sama untuk menghasilkan sebuah program menginspirasinya untuk menulis novel ini. Wonderful Radio merupakan petikan dari sebuah cerita yang benar-benar terjadi saat Lee Jae Ik siaran. Wah, jadi penasaran yah, siapa sebenarnya Jin Ah, Jae Hyeok dan Mi Ra itu. Dan bagaimana pula nasib Jin Ah kemudian? Apakah dia berhasil untuk terus bertahan hidup dan bangkit kembali dari tuduhan plagiat? 

Untuk itu silahkan baca sendiri novelnya. Dengan membaca novel ini sedikit banyak pembaca akan tahu dibalik layar sebuah stasiun radio dijalankan. Bagaimana sebuah program dikerjakan tidak hanya oleh sang penyiar tapi puluhan orang terlibat di dalamnya. Bagi saya yang (dulu) penyiar radio, sedikit banyak membuat saya lebih menghargai profesi ini dan lebih banyak lagi merindukannya. Ah yah.. it is Wonderful (to work in) Radio, after all. :) 

Happy Reading 

XoXo

V

PS : Novel ini telah difilmkan di tahun 2012 dengan judul sama : Wonderful Radio. Shin Jin Ah diperankan oleh Lee Min Jung, Lee Jae Hyeok diperankan oleh Lee Jung Jin , Yoon Mi-Ra oleh Seo Young dan manager Jin-Ah diperankan oleh Lee Kwang Soo. Iyaahh Lee Kwang Soo, Running Man itu. Novel dan film dua-duanya sayang untuk dilewatkan.


Wonderful Radio

Comments

  1. Udah lama pengen baca buku ini, tapi belum kesampaian karena belum punya.
    Lee Min Jung tampak imut-imut banget di situ yak

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Jadi ceritanya, saya ini sering kangen sama Daehan, Minguk, Manse. Meski mereka sudah 'graduate' dari The Return Of Superman, saya masih penasaran dibuat penasaran dengan sebuah lagu yang dijadikan backsound di episode 116. Gak cuma saya, ternyata banyak juga loh penggemarnya Daehan, Minguk, Manse yang pengen tahu apa sih judul lagu itu. Saya sampai dikejar-kejar pertanyaan oleh salah seorang fansnya triplets di Instagram.

Biasanya kalau saya gak tahu judul sebuah lagu, saya berusaha menangkap beberapa kalimat dari lyrics lagu tersebut. Abis itu baru deh nanya Om Google. And it works all the time, except for this one : Lagu Backsound di episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Mesin pencari seperti Google atau Bing tidak akan banyak membantu kecuali kita tahu beberapa kata dari lirik lagu atau clue tentang nama artis atau band. Dan saya gak bisa menangkap sama sekali liriknya juga gak tahu pasti siapa yang nyanyi. Gimana caranya ya?




5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Men…

Begini Cara Lulus Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Setelah sebulan mutasi di Mamuju, di akhir bulan April saya ditugaskan ke Jakarta demi menempuh diklat Pengadaan Barang dan Jasa yang diselenggarakan oleh LKPP sekaligus ngambil ujian sertifikasinya. Excited? Yes! Entah kenapa saya suka sekali dengan belajar entah itu namanya kuliah, diklat atau sekedar workshop. 'Jeleknya' lagi, saya suka banget ujian. It's like challenging myself of how good I am to comprehend the study.  Weird, isn't it? 
Baca juga : Hello, Mamuju! 
So, ketika akhirnya saya didaftarkan untuk mengikuti diklat sekaligus ujian sertifikasi ini, I was super excited. Yes, I was a little bit worry whether I can pass the exam, secara sudah sangat sangat bukan rahasia lagi kalau ujian sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah itu susaaaahhh banget lulusnya. There's just a little chance that first time taker like me can pass the exam. It's possible though, but it's rarely happen. Terkadang harus ikut ujian dua tiga kali (bahkan denger-denger …

Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water

Menginjak usia 40 tahun, aku mulai lebih intens memperhatikan perawatan kulit wajah. Usia di mana kebanyakan orang mulai memiliki satu dua garis kerutan, entah itu di dahi, ujung mata atau sekitar bibir. Kulit wajah sudah tidak sekencang dan sefresh saat masih berumur belasan dan dua puluhan, membuat banyak perempuan termasuk aku  ingin tetap menjaga kelenturan kulit wajah. Keriput memang tidak bisa dihindari, tapi paling tidak bisa dimimalisir bukan? Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence WaterKebetulan banget aku menemukan paketan ‘Youthful Kit’. Isinya L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water dan Dex Revitalift White Day Cream. Wah, pucuk dicinta ulam tiba. Pas banget, kebetulan aku sudah sering menggunakan produk-produk L’oreal dan gak pernah ada masalah.


Paket tiba dua hari kemudian dan langsung aku unpacked (check di Youtube Channel Vita Masli, ya. ). Gak sabar banget pengen menggunakan L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water se…