Skip to main content

5 Tips Memilih Mobil Untuk Wanita

Katanya, mobil itu hal yang 'laki banget'. Lihat saja iklan-iklan mobil, identik dengan model laki-laki. Di saat mereka ngumpul-ngumpul, bawaannya selalu pengen ngomongin mobilnya. Knalpot yang harus diracing-in lah, mobil siapa yang terbaru lah, modifikasi mobil siapa yang paling keren lah atau seberapa tinggi kecepatan mobil yang mereka miliki. Ah..pokoknya gak kalah rame deh dengan obrolan panci Korea ala ibu-ibu arisan Dharma Wanita di kantorku. 

Mungkin itu kali yah mengapa stereotype yang berkembang  sejak dulu seperti itu. Mobil itu khusus laki-laki sementara perempuan ngurusin panci aja. Sebenarnya tidak selalu benar juga. Seiring dengan peningkatan kesibukan diluar rumah banyak perempuan yang akhirnya memilih belajar nyetir agar bisa mengendarai mobil demi memperlancar aktifitas. Awalnya mungkin pake mobil keluarga (entah itu punya ayah atau suami) lalu kemudian ketika sudah lumayan lihai mulai mengidamkan punya mobil sendiri.

Beberapa hal tentu harus diperhatikan agar tidak salah memilih mobil sesuai dengan kebutuhan. Seperti juga jodoh, kita tetap harus realistis dengan keadaan. Kalau bicara tentang mobil idaman, sebenarnya saya mengidamkan mobil yang bisa terbang seperti mobil keluarga Weasley di serial Harry Potter. Gak perlu kejebak macet dan sepertinya tidak butuh bensin. Hahahaha.. Tapi kan itu gak mungkin.

Mobil Terbang Keluarga  Weasley 
Pada akhirnya harus realistis. Walaupun masih berpijak di tanah mobil-mobil sekarang makin canggih dan stylish sampai kadang menggaburkan kebutuhan sebagai alat transportasi menjadi simbol gengsi semata. Akhirnya memilih mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi pasar mobil banyak dipengaruhi oleh mitos. Katanya gini.. katanya gitu. Terkadang sebagai perempuan saat menentukan mobil idaman  lebih sering pakai perasaan. Padahal untuk urusan ini harus pinter-pinter mencari tahu supaya mobil idaman tidak tinggal kenangan. Beberapa hal yang sering menggalaukan pikiran saat menentukan pilihan adalah :



Mobil Baru Atau Mobil Bekas ? 


Keduanya mempunyai untung dan rugi. Menurutku keuntungan membeli mobil baru dari segi perawatan cenderung lebih terjaga ketimbang  mobil bekas. Namanya juga masih baru, masih mulus, belum pake lecet. Modelnya juga yang terkini. Kekurangannya paling masalah harga. Kurang murah!

Sementara mobil bekas tentunya harganya tidak semahal mobil baru. Malah saat ini bursa mobil bekas sering menjual mobil yang dijual baru dipakai beberapa bulan oleh pemiliknya,bahkan masih memiliki garansi servis dari bengkel resminya pula. Syukur-syukur jika pemilih sebelumnya rajin merawat mesin mobil dan body kendaraannya jadi performanya tetap terjaga. Biar bagaimanapun seperti juga tubuh manusia, makin tua apalagi tidak terawat makin sering ‘rewel’ juga ketika digunakan.


Mobil Matic Atau Manual? 


Sebagian perempuan merasa mobil dengan transmisi automatic  mungkin lebih mudah. Apalagi jika tinggal di kota besar yang sering terjadi kemacetan. Tinggal injak pedal gas atau  rem saja dengan kaki kanan dan tidak perlu sering-sering pindahin kopling. Harganya memang lebih mahal dibanding mobil manual dan untuk perawatannya setiap 5000km perlu penggantian oli dan setiap 25000km olinya dikuras.

pic from here

Sebenarnya mobil dengan transmisi manual tidaklah sesulit itu. Perawatannya pun cenderung cukup mudah. Cukup dengan rutin mengganti oli nya tiap 15.000 km maka gigi-gigi di dalamnya akan awet. Memang kelemahannya cukup melelahkan kaki kiri dan untuk beberapa perempuan penyesuaian antara kopling dan gas, namun harganya lebih murah dibandingkan mobil dengan transmisi automatic.

Soal konsumsi BBM pada transmisi matic atau manual benar-benar bergantung pada pengemudinya. Ini yang aku rasakan setelah sebelumnya memakai mobil manual kemudian beralih ke mobil matic. Mau manual atau matic jika kita mengemudi dengan teknik yang benar maka konsumsi BBM akan irit, tapi bila tidak tentu akan boros juga.

Tunai Atau Kredit ? 


Bila dana cukup untuk membeli mobil secara tunai maka tidak masalah. Keuntungannya setiap bulan kita tidak harus membayar cicilan. Dengan kredit kelihatannya memang lebih ringan, tapi jika dikalkulasikan selama masa cicilan, harganya tentu lebih mahal puluhan juta dibanding membeli cash. Ini karena cicilan dikenakan bunga,

Tapi jika pun terpaksa kredit, pastikan cicilan yang nanti harus dibayarkan sesuai dengan kemampuan dan tidak mengganggu biaya kehidupan sehari-hari. Sesuaikan angsuran dengan kemampuan maksimal  membayar per bulan. Gak mau kan kalau tiba-tiba waktu cicilan mobil diangkut karena tidak sanggup membayar? Nah makanya penting juga menyesuaikan pilihan mobil dengan budget yang ada. Jangan asal mengikuti perasaan aja karena lihat tetangga sebelah rumah misalnya. Semampunya aja dibanding ditarik paksa.

Merk A Atau Merk B? 


Sales merk A bilang mobil jualannya punya harga jual tinggi. Sales merk B bilang pake mobil dagangannya gak bakal nyesel karena mesinnya awet. Sangat disarankan datangi beberapa dealer untuk membandingkan harga dan pelayanan yang bisa kita dapatkan. Cari tahu spesifikasi dari mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Browsing di internet tak ada salahnya atau tanya-tanya dulu pada teman yang memiliki pengetahuan tentang jenis dan spesifikasi mobil. Jangan mudah terbujuk rayu mbak-mbak salesnya.  Beli mobil tidak sama seperti beli lipstik yang sedang sale. Mobil biasanya tetap ready stock meskipun kembali besok atau lusa atau malah dua bulan lagi. Perhatikan juga kapan waktu sale atau kapan varian baru di launch. Jangan sampai beli harga baru dikasi produk lama. Tetap teliti dan tidak perlu terburu-buru.

Selain itu ada hal yang tak kalah penting yaitu : 

Pilih Mobil Sesuai Anggaran Jangan Terbawa Perasaan 


Jangan besar pasak daripada tiang. Ini gak cuma berlaku dalam membeli sepatu, lipstik atau panci terkini tapi juga termasuk dalam urusan menentukan mobil idaman. Sebagai perempuan kita kan suka yah dengan yang murah-murah tapi gak murahan, ya gak? Sayangnya sekarang berlaku 'Ada harga ada kwalitas'. Pengen yang bagus yah harus bayar lebih juga. Makanya perlu untuk mengetahui apa sih yang kita butuhkan dari mobil idaman kita ini? Yang penting sudah power steering, berAC, ada stereoset, joknya nyaman, pake alarm dan sensor misalnya? Kalau gitu gak usah repot-repot melirik mobil dengan spesifikasi dan fitur yang tidak terlalu diperlukan. Contohnya jika varian A dengan spesifikasi yang sama dengan varian B hanya berbeda penambahan asesoris dikenakan biaya lebih mahal 5 juta misalnya, mending pilih varian A aja. Lumayan anggaran bisa lebih dihemat.

Nah jika pertanyaan-pertanyaan yang menggalaukan itu sudah terjawab, satu hal yang perlu diingat juga adalah jangan membeli mobil karena terbawa perasaan semata. Terkadang membeli hanya didasari keinginan dan mengenyampingkan faktor lain bisa jadi berbuntut penyesalan dikemudian hari. Mobil itu bukan sepatu loh, yang kalau sudah bosan bisa langsung disimpan di boks dan ditumpuk di rak. Sayang duitnya kalau produk yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Baca juga : Tips Berkendara Aman dan Nyaman 


Memang produsen kendaraan tidak mengkhususkan suatu produknya untuk laki-laki atau perempuan, tapi paling tidak kita bisa menentukan mobil idaman sesuai kebutuhan dan kemampuan. Paling penting sesuai esensinya dan tidak nyusahin. Kita kan perempuan masa kini, milih mobil idaman masa gitu-gitu aja sih.... Selamat menentukan pilihan yah..

Comments

  1. wihh tampilan baru blognya lebih ringan suki ne eonni (y)
    mobilnya weasley yang nyangkut di pohon xD
    aku pengennya mobil hadiah aja soalnya uang tabungan belom cukup buat belim mobi baru :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. Kalo mobil truk sampah mau gak? yang penting hadiah kan?

      Delete
  2. Kalau aku pilih mobil sejuta umat sesuai rekomendasi teman-teman yang udah pake. Emang sih..jadinya mobilnya sama :)

    ReplyDelete
  3. Mobil impianku vw bettle atau minicoper :p tapi jalan kaki saja sering tersandung bagaimana mau bawa mobil >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan mobilnya pake roda, bukan pake kaki. Kecuali kamu mau pake mobil Flinston sih.. :D

      Delete
  4. awmoga impiannya tercapai ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil terbang maksudnya mba? Hehehehe.. yang nginjak tanah aja dulu deh. Mobil yang sekarang saya pake sudah ideal banget :D

      Delete
  5. Tipsnya cihuiii mba vita hihi...
    Memang beli mobil itu harus bijak, sesuai budget ma kebutuhan ya...duh kalau pengen gaya mah susah...susah dompetnya hehehe...

    ReplyDelete
  6. Karna mobil bukan sepatu makanya sampai sekarang saya belum beli mobil, duit..houwooo..duit ~
    :D

    ReplyDelete
  7. mobil idaman cewek itu rata-rata identik dengan slim, kecil, imut, colorful :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Jadi ceritanya, saya ini sering kangen sama Daehan, Minguk, Manse. Meski mereka sudah 'graduate' dari The Return Of Superman, saya masih penasaran dibuat penasaran dengan sebuah lagu yang dijadikan backsound di episode 116. Gak cuma saya, ternyata banyak juga loh penggemarnya Daehan, Minguk, Manse yang pengen tahu apa sih judul lagu itu. Saya sampai dikejar-kejar pertanyaan oleh salah seorang fansnya triplets di Instagram.

Biasanya kalau saya gak tahu judul sebuah lagu, saya berusaha menangkap beberapa kalimat dari lyrics lagu tersebut. Abis itu baru deh nanya Om Google. And it works all the time, except for this one : Lagu Backsound di episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Mesin pencari seperti Google atau Bing tidak akan banyak membantu kecuali kita tahu beberapa kata dari lirik lagu atau clue tentang nama artis atau band. Dan saya gak bisa menangkap sama sekali liriknya juga gak tahu pasti siapa yang nyanyi. Gimana caranya ya?




5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Men…

Begini Cara Lulus Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Setelah sebulan mutasi di Mamuju, di akhir bulan April saya ditugaskan ke Jakarta demi menempuh diklat Pengadaan Barang dan Jasa yang diselenggarakan oleh LKPP sekaligus ngambil ujian sertifikasinya. Excited? Yes! Entah kenapa saya suka sekali dengan belajar entah itu namanya kuliah, diklat atau sekedar workshop. 'Jeleknya' lagi, saya suka banget ujian. It's like challenging myself of how good I am to comprehend the study.  Weird, isn't it? 
Baca juga : Hello, Mamuju! 
So, ketika akhirnya saya didaftarkan untuk mengikuti diklat sekaligus ujian sertifikasi ini, I was super excited. Yes, I was a little bit worry whether I can pass the exam, secara sudah sangat sangat bukan rahasia lagi kalau ujian sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah itu susaaaahhh banget lulusnya. There's just a little chance that first time taker like me can pass the exam. It's possible though, but it's rarely happen. Terkadang harus ikut ujian dua tiga kali (bahkan denger-denger …

Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water

Menginjak usia 40 tahun, aku mulai lebih intens memperhatikan perawatan kulit wajah. Usia di mana kebanyakan orang mulai memiliki satu dua garis kerutan, entah itu di dahi, ujung mata atau sekitar bibir. Kulit wajah sudah tidak sekencang dan sefresh saat masih berumur belasan dan dua puluhan, membuat banyak perempuan termasuk aku  ingin tetap menjaga kelenturan kulit wajah. Keriput memang tidak bisa dihindari, tapi paling tidak bisa dimimalisir bukan? Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence WaterKebetulan banget aku menemukan paketan ‘Youthful Kit’. Isinya L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water dan Dex Revitalift White Day Cream. Wah, pucuk dicinta ulam tiba. Pas banget, kebetulan aku sudah sering menggunakan produk-produk L’oreal dan gak pernah ada masalah.


Paket tiba dua hari kemudian dan langsung aku unpacked (check di Youtube Channel Vita Masli, ya. ). Gak sabar banget pengen menggunakan L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water se…