Video Editing Software Untuk Pemula



Saya suka ngedit video dan pernah jadi editor video di salah satu tipi. Selain ngedit untuk kerjaan, saya sebenarnya lebih suka ngedit  MV fanmade. Itu loh.. music video dengan ide sendiri yang footagenya (potongan gambar) diambil dari drama/iklan atau fancam. Kalau iseng dan suka banget sama satu OST K-drama saya bisa bela-belain ngedit MV fanmade lengkao dengan lirik bahasa Inggris dan original sound dari drama.

Meskipun sekarang sudah di take down dengan sukarela karena dapat surat cinta dari Youtube dua kali, tapi akan tetap menjadi kenangan, cuy!




Boleh loh subscribe Youtube channel Vita Masli #uhuk #promote #subscribermasih2K

Memang sih bikin MV fanmade  itu gak ada bayaran sama sekali dan footagenya gak sekinclong hasil capture kamera, tapi puasnya melebihi editan video tayang di TV nasional *halah*. Ya kan ide kita sendiri, footage milih sendiri sesuai imajinasi kita terhadap sebuah lagu.

Beberapa orang mungkin kepikiran untuk membuat home video atau video tutorial, hanya saja terbentur pada kekurangtahuan software yang bisa dipergunakan agar hasil video keliatan ciamik *halah*. Sebenarnya ada banyak video editor mulai dari yang gratis sampai berbayar untuk PC/laptop maupun smartphone yang bisa dipakai. Sebagai langkah awal, saya rekomendasikan 3 Video Editing Software Untuk Pemula dibawah ini: 

1 . Windows Movie Maker 2012, bukanlah aplikasi paling keren di jagad video editing tapi paling tidak mudah digunakan dan hasilnya juga lumayan daripada lu manyun. Design antarmukanya lebih banyak di drag and drop (tarik dan jatuhkan, haduh ini bahasa Indonesia enaknya apa yah..). Artinya pengguna tinggal menarik klip video dari folder komputer dan menempatkan klip tersebut langsung ke timeline Windows Movie Maker.

Software ini juga mempunyai beberapa efek yang mudah digunakan. Memang untuk yang pengen efek ala-ala tayangan di tipi gak akan menemukannya di Windows Movie Maker. Tapi kalau baru pertama kali coba-coba ngedit, software ini pas banget buat newbie. 



Apakah Windows Movie Maker bisa menambahkan audio? Bisa.. saya pertama kali membuat MV fanmade memakai Windows Movie Maker dan diupload di Youtube. Hasilnya? Setelah 400rb views, video saya diblock Youtube dan saya dapat warning. Hihihi.. nasib! 

2 . Videopad Video Editor,  sebuah software yang mempunyai basic standar pengeditan video dengan beberapa tambahan fitur seperti efek layar hijau chromakey dan panjang transisi dapat disesuaikan. Videopad juga menyediakan fitur reverse klip video, mempercepat atau memperlambat mereka, mengurangi kamera goyang, menambahkan foto stills dalam video dan menyesuaikan warna. Pengguna dapat mengedit video 3D dan mengkonversi film 2D ke 3D. VideoPad juga mendukung editing video qualitas HD. 

VideoPad bisa digunakan di Windows 8.1, XP, Vista, 7, 8 and 10 ( 64bit/32bit) dan Android versi 2.3.3 keatas. Sebenarnya aplikasi ini bisa juga diinstall di  Mac Intel OS X 10.4.4 ke atas dan iPad dengan  iOS 4.3 keatas. Tapi kalo saya punya Mac atau iPad mending pake iMovie aja keuleus.. Hehehe... 

Oiya, VideoPad ini ada versi gratis dan berbayarnya. Yang berbayar tentu saja fitur dan efeknya lebih lengkap dibanding gratisan. Yalah.. ada harga ada kualitas, gratisan gak boleh protes :D 

3 . Wondershare Filmora Video Editor,  tersedia untuk Windows dan Mac OS X. Yang saya suka dari Wondershare adalah ada banyak fitur seperti memotong gambar, cropping, overlay teks, efek transisi, sulih suara, dll. Berasa video editing profesional  tanpa membuat kita kesulitan saat menggunakannya. User interfacenya sangat sederhana bahkan untuk yang tidak memiliki pengetahuan editing video. 

Kita juga dapat melakukan capture langsung menggunakan kamera komputer dan mikrofon, atau melakukan screencast di layar PC/Laptop. Itu loh yang biasa dilakukan vlogger pembuat tutorial-tutorial penggunaan software atau video reaction para kpopers. 




Jika video sudah selesai diedit, langsung di export atau di convert ke format yang diinginkan. Bisa juga diburn ke dalam bentuk DVD atau di share via media social seperti Youtube atau Facebook. 

Nah, itu dia video editing software untuk pemula. Sebenarnya masih banyak software lainnya, tapi saya pilih yang termudah saja untuk yang baru nyoba-nyoba. Untuk cara mengedit video dan memodifikasi gambar, di kesempatan lain yah. Kalau masih ada yang penasaran saya menggunakan software apa, saya menggunakan Adobe Premiere CS 6 dan Sony Vegas 12. Ribet? Iyah! *supaya gak dibilang songong* hahaha...

Sampai nanti! 

41 komentar

  1. Sekarang masih rajin bikin MV fanmade jeng?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah gak sempat, hihihi... padahal pengen banget buatin MV buat Daehan Minguk Manse.

      Hapus
  2. asiik ilmu baru, makasih mak

    BalasHapus
  3. biasanya aku pake window movie maker mak...

    BalasHapus
  4. Dulu saya bikin video pake adobe premier kl ga after effect (kl bikin effect), tapi itu duluuuuu karena sekarang udah gak kuliah lg dan jarang bikin video jadi lupa hahha...Tapi emang paling gampang pakai movie maker sih tinggal pilih2 effectnya hehehe...Nice info mba vita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, MM emang paling standar. Kalo sdh bisa AP + AA keknya sayang kalo gk dipake ilmunya mak..

      Hapus
  5. Aku masih pakai windows movie maker 2012, masih mau kuatin dasarnya dulu... tapi mau coba juga kayaknya yang di bawahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk.. diperdalam lagi ilmunya. Ditunggu yah 'lompatan' selanjutnya :D. Semangat!

      Hapus
  6. Wonder share ada yg gratisannya kah? 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wondershare gratis untuk trial 30 hari mak. Tapi ada deh keknya yang bocorin cracknya. Hehehe (tdk menyarankan nyari bajakan ya :D )

      Hapus
  7. Saya biasa buat video pake aplikasi Movie on TV

    BalasHapus
  8. gua baru belakangan ini suka bikin video. masih pake nya movie maker doang yang simple. hahaha.
    tapi ini jadi tertarik ama filmora. gratisan gak itu ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trialnya gratis sih mas.. tapi kalo mau full ya berbayar :D. Tidak menyarankan untuk nyari yg bajakan yah, tapi di Indonesia apa sih yang gak bisa di crack, hehehe.

      Hapus
  9. Pingin edit-edit video tapi kadang suka ga sempet mak.. huhuhu. Windows movie maker lebih familiar buat aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih yg simple2 aja kalo gitu, mak. Kalo gitu WMM pas buat emak Molly

      Hapus
  10. Pernah pakai yang movie maker buat skripsi, ahai :D btw, kenapa di block youtube mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren dong skripsinya pake video :D. Krn melanggar hak cipta kata yang empunya drama, hahaha. Skrg sudah punya akun baru lagi kok >> https://www.youtube.com/channel/UCOlgaXScCoCPeUw1rgcl-cw. Sudah 2rb subscriber. Yuk subscrib jg, nambah2in hihihi..

      Hapus
  11. aplikasi yang patut dicoba... makasih udah share....

    BalasHapus
  12. aku tetep harus diajari face to face deh kayanya, a[a[un software-nya *derita kliwat gaptek*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang aja kok emak, bisa belajar sendiri.

      Hapus
  13. Akhirnya ada dapat juga yang aku cari. Udah lama mencari software editing seperti ini dan hari ini aku beruntung karena kembali di ingatkan lewat artikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sama-sama.. semoga membantu.

      Hapus
  14. kalo aku seringnya pake adobe premier kak. dari pertama belajar emang pake software itu sih dan belom pernah nyoba yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama.. aku juga pake Adobe Premiere dan Sony Vegas 12. Postingan ini memang buat pemula aja. Kalo mau langsung dikasi Adobe Premiere bisa aja sih. Saya jg belajar Adobe Premiere cuma sejam sudah langsung bisa ngedit berita, paket kuliner dan jalan-jalan. Tapi kan gak semua orang bisa secepat itu yah. Makanya untuk pemula boleh pake yang 3 diatas tadi. Kalo pun emang langsung mau lompat ke AP bahkan Final Cut Pro gak masalah. Jangan 'nakut2'in yang pemula gitu maksudnya.. :D

      Hapus
  15. Balasan
    1. hihihi iya kan ngedit bukan buat semua orang, yg pengen aja :D

      Hapus
  16. klo aq bisa dan biasanya pk ulead mak :)

    BalasHapus
  17. Wah, ini yang kubutuhkan. Bookmark aaaaah, ntar kalau udah banyak waktu mau eikeh pelajari.
    TFS yaaaa <3

    BalasHapus
  18. Oh hobinya bikin fanmade mv nih, dulu saya pernah iseng bikin fanmade Suzy.
    Kalau saya sih - walau ga jago-jago amat - pake Adobe Premiere bajakan.

    BalasHapus
  19. aku pernah bikin yang gratisan tapi hasilnyaaaa... dung deeeng

    BalasHapus
  20. Windows movie maker nda adami di windows 8 ternyataa hiks..
    Video pad bagusss di' kak vytaaaaa..
    Ini sy coba coba pake video pad.
    Yeeeeyy ヾ(〃^∇^)ノ

    BalasHapus
  21. Gua pake Windows Movie Maker (masih pemula banget soalnya), pernah buat video stop-motion buat perpisahan direksi di kantor. Level pemula ya masih kasar editannya hehe. Kadang pengen nyoba video editor laen, tapi belom kepikiran untuk nyari. Pas baca postingan ini jadi pengen buat video lagi, khususnya stop-motion. Thanks lho infonya. :-)

    BalasHapus
  22. Mau tanya dong, kalo mau nambahin efek kayak kelopak bunga bertebaran tu pake apa ya? Yg biasanya backsoundnya "syalalalala" /? Maap kalo saya ga jelas��

    BalasHapus
  23. kak kalau buat bikin video reaksi kaya gimana? misal nya aku mau bikin mv bts reaction terus di bawah nya ada mv asli nya.. itu pake aplikasi apa ya kak? terimakasih

    BalasHapus

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.