3 Aplikasi Proofreading Online untuk Tulisan Berbahasa Inggris

Januari 03, 2016

Masih ingat gak di postingan sebelumnya saya menulis  berusaha untuk ngeblog dalam bahasa Inggris? Ternyata menulis dalam bahasa yang bukan bahasa ibu memang tidak mudah. Punya masalah yang sama? Jangan malu. Kita tidak sendiri. Jutaan orang yang sehari-harinya ngomong pake bahasa Inggris pun sering kepentok masalah ini, kok. Blogger kondang luar negeri aja masih hired editor dan proofreader loh sebelum publish postingannya. Apalaah kita ini... :D 

Untungnya ada aplikasi editing online yang bisa membantu menulis dalam bahasa Inggris yang benar. Aplikasi ini bisa menemukan kesalahan, baik dalam hal ejaan hingga kesalahan grammar. Apa saja? Ini dia 3 aplikasi proofreading online untuk tulisan berbahasa Inggris : 


1. After the Deadline

After the Deadline memberi tanda pada kata-kata yang perlu diperbaiki. Aplikasi ini juga memberikan saran ejaan, grammar bahkan gaya penulisan. Cukup paste atau ketik naskah yang ingin dicek pada kolom pengeditan lalu klik 'check writing'. Tulisan kita yang dianggap belum benar akan diberi wana. Klik kata yang berwarna, tertera koreksi yang diberikan beserta penjelasannya. Simple kan? 

aplikasi editing menulis dalam bahasa Inggris
Menurut pengembangnya, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekomendasikan 90% kata yang tepat. After the Deadline juga dapat mendeteksi 1500 penggunaan kata yang salah. Aplikasinya bisa didownload sebagai aplikasi offline. Pemakaian gratis bisa memilih menu demonstrasi. Untuk postingan blog , aplikasi After the Deadline ini salah satu yang paling simple. Tapi jika ingin menulis sesuatu yang lebih kompleks, aplikasi  berikut bisa membantu. 

2. Hemingway Editor

Seorang penulis/blogger sering menumpahkan semua kata-kata dalam pikirannya seperti air yang tidak terbendung. Kadang malah tidak terorganisir. Yeah, I admit it. Gak cuma dalam bahasa Inggris, menulis dalam bahasa Indonesia aja saya sering seperti itu, hihihihi..  

Nah, dengan aplikasi Hemingway Editor ini tulisan kita yang terlalu padat akan diberi higlights.  kita bisa menghapus atau membuat kalimat padat itu menjadi kalimat yang lebih sederhana. Caranya juga mudah, cukup paste atau ketik naskah pada kolom editor. Kita juga bisa sekalian menambahkan H1, H2 atau H3 untuk kalimat yang diinginkan. Jadi seperti editor view di blog kita aja kan? 



Hemingway Editor mempunyai fitur menarik yaitu Readability Grade Levels. Fitur ini memperlihatkan pendidikan terendah yang dibutuhkan untuk memahami sebuah tulisan. Penelitian menunjukkan orang Amerika rata-rata membaca pada tingkat kelas sepuluh.  Ini bisa dijadikan target yang baik. Tapi ada satu hal yang perlu diingat. Tulisan grade level yang tinggi bukan berarti lebih baik daripada tulisan grade level lebih rendah. Seringkali  tulisan grade level tinggi berarti tulisan tersebut berpotensi membingungkan dan membosankan pembaca. Bisa jadi karena terlalu banyak jargon. Terlalu nyelimet. 

Oiya, iseng saya mencoba mengecek postingan ini di Hemingway Editor. Ternyata bisa loh, meski berbahasa Indonesia. Fitur pengecekan kata keterangan dan kalimat pasif memang tidak berfungsi. Tapi kita masih bisa ngecek panjang tidaknya sebuah kalimat. Gimana, lebih sederhanakan kalimatnya? 

3. ProWritingAid

Dibandingkan kedua aplikasi proofreading online lainnya, ProWritingAid lebih rinci memberitahu apa yang harus diperbaiki. Diantaranya adalah kata-kata berlebihan, panjang kalimat, gaya penulisan, dan plagiarisme. Kita juga bisa menghindari kata klise dan redudansi dengan aplikasi ini. Pemakaian sticky words (seperti so, what, to, from, the, last, of, 's) pun bisa dikurangi. Termasuk juga mengecek konsistensi penulisan, dan sejenisnya untuk meningkatkan kualitas tulisan. Caranya cukup dengan paste, upload atau mengetik naskah kita dalam kolom editor. Klik Analyze dan akan tertera hal-hal yang perlu diperbaiki. 



Sayangnya meski fiturnya banyak dan sangat berguna, aplikasi ProWaitingAid ini tidak sepenuhnya gratis. Ada beberapa fitur yang hanya bisa digunakan oleh premium user. Fitur tersebut adalah plagiarism, pronoun, thesaurus dan combo check. Tapi sebagai pencinta gratisan tidak perlu terlalu kecewa. Sign up sebagai free user pun sudah cukup untuk memproofreading postingan blog. Kecuali jika berniat menulis novel atau jurnal ilmiah, premium user bisa dipertimbangkan. Sesuai saja dengan kebutuhan ya, gaes! 

Kesimpulan 

Setiap aplikasi pasti punya pro dan kontra, begitu juga dengan 3 aplikasi di atas. Ketiga aplikasi ini hanya bisa digunakan di desktop atau laptop. Sementara ini  aplikasi berbasis android/IoS belum ada. Tapi masih bisa dibuka melalui browser di perangkat mobile. Paling tidak lumayan lah ya, bisa membantu  kita untuk menulis dalam bahasa Inggris secara efektif. Menulis dalam bahasa Inggris terkadang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Ya kan? 

Nah, ada gak aplikasi editing online lainnya yang menurut kamu bagus dan belum ditampilkan di sini? Syukur-syukur ada yang bisa dipergunakan untuk proofreading tulisan berbahasa Indonesia. Silahkan share di bagian komentar, ya! 

You Might Also Like

59 komentar

  1. wah, thanks ya mak infonya, pingin coba nih aplikasinya

    BalasHapus
  2. Pernah bikin sekali, Mba Vit. Tapi males mau bikin lagi. :D Roaming otak ma jari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya sih.Tapi kata yg sdh berpengalaman, tulis aja dulu lalu check pake aplikasi proofreading. Ada 'saran' kata yg tepat kok mak. Jangan ragu untuk mencoba , yah :)

      Hapus
  3. Nice info, mak Vita. kebetulan banget saya lagi pengen mulai nulis pakai bahasa inggris, tp super ngga pede. info aplikasi ini pasti membantu. thanks ya Maak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Senang deh tahu ada blogger yg semangatnya kayak kamu. Fighting!

      Hapus
  4. sepertinya saya lebih tertarik sama yang after the deadline mba, hihih, thanks yaa bermanfaat ini bagi saya yang gak bisa ngenggres hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. After the Deadline memang lbh simple,mak. Silahkan dicoba. Ditunggu tulisan berbahasa Inggrisnya.

      Hapus
    2. After the Deadline memang lbh simple,mak. Silahkan dicoba. Ditunggu tulisan berbahasa Inggrisnya.

      Hapus
  5. Dulu punya blog yang bahasanya bilingual, emang sering bingung sih milih katanya
    Udah tahu aplikasi ini bisa mulai postingan bilingual lagi deh kayaknya :)

    BalasHapus
  6. Sedihnya ga bs di pke di android.. >_< secara aku selalu nulis blog lwt hp.. tp ga menutup kemungkinan ya next time bisa pake android.. cant wait.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Ruli, memang belum ada appsnya tapi masih bisa dibuka lewat browser di smartphone/tablet kok. Selamat mencoba.

      Hapus
  7. Nice info. Thx ya mak vita,, boleh nih dicoba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Silahkan dicoba, semoga berguna

      Hapus
  8. wah ini nih yang saya cari - cari dari dulu. sempet sih bikin postingan bahasa inggris, tapi belum yakin ke shahih annya hehehe. Alhamdulillah sudah tertolong. terimakasih mbak :). ohya btw saya tertarik sama yang after the deadline, sepertinya paling simple kanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba mak Okky dan selamat menulis dalam bahasa Inggris lagi yah :)

      Hapus
  9. Keren banget nih. Emang harus cari aplikasi yang bener begini. Bukan sekedar translate tanpa jelas grammarnya.

    Terima kasih infonyaaaa. Lumayan kepake buat kerjaan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaaaaa.. Buat surat perkantoran bisa banget pake ini.

      Hapus
  10. Wah mau banget nyoba ini mak Vita, enggresku masih amburadul nih. Sip ya buat belajar agar bisa menuliskan postingan kita dlm Bhs Inggris dg benar

    BalasHapus
  11. Waw...thanks mbak. Baru kepikir kalo ada beginian. Hihihi... Etapi sayang belum ada yang untuk android ya. Moga-moga segera dibikin deh. Tertarik juga untuk nulis dengan bahasa inggris lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang appsnya belum ada tapi masih bisa dibuka via browser di smartphone/tablet kamu kok.

      Hapus
  12. Keyen...infonya sangat bermanfaat, thanks mba

    BalasHapus
  13. Wahhh penting ini.. tfs ya mbak..

    BalasHapus
  14. Wuh... keren ya yang terakhir. Coba fiturnya gratis semua. Haha
    Kalo ak biasanya pake nounplus.net mbak...
    Ada app juga... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaahh ada harga ada fasilitas lah, mak. Hehehhe

      Hapus
  15. Infonya bermanfaat banget.. Makasih mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas Setiawan, semoga berguna.

      Hapus
  16. Gak pernah nyoba pake aplikasi kaya gini sih. Yang bahasa Indonesia juga katanya ada, tapi aku gak tau. >,<

    BalasHapus
  17. Wah keren nih, cocok buat saya yang sedang ingin belajar menulis dalam bahasa inggris, thanks yah

    BalasHapus
  18. weeee baru tau ini. kereennnn. bookmark!

    BalasHapus
  19. Bermanfaat banget mba vita...thankyou :)
    Im not fluent in english hihihi...amburadul acak adut hohoho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're not alone, mak.. Akupun. Hahahaha.. Ngecek tulisan bahasa Inggrisku pake apps ini langsung malu total. Banyak banget koreksinya. :D

      Hapus
  20. well noted. catet dan simpen.
    TFS yaks...
    oh iya daku follow yaa blog-nya, ternyata blom kupollow

    BalasHapus
  21. Waw, infonya bener2 berguna mba Vita. Harusnya nulis pake Bahasa Inggris jadi lebih mudah, ya? Btw, ku bookmark.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah berguna buat Ratna. Makasih ya..

      Hapus
  22. Terima kasih atas tulisannya Mbak. Ini aplikasi cocok sekali untuk saya yang juga bekerja sebagai penerjemah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yah, mak.. Menerjemahkan apa nih?

      Hapus
  23. wuahhh mbak ini info bermanfaat baget buat saya yang kepengen belajar bahasa inggris dan pengen nulis tapi takut keseleo grammar, bookmark langsung

    BalasHapus
  24. Makasih mbaaak info nyaa... Mau coba suka pengen nulis pake bahasa inggris cuma masih banyak salah, pake ini membantu pasti.

    BalasHapus
  25. Pingin nulis bahasa Inggris tapi amburadul banget. Catet dulu ah, kapan-kapan mau nyobain. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  26. Wiih, gak salah main kesini, dapet info dan ilmu baruuu.. Mayan buat benerin kerjaan juga, hihi

    TFS yaaa :*

    BalasHapus
  27. Saya biasa pake Grammarly, mbak. Bisa diinstal di Word. Jadi langsung analisis tulisan di Word

    BalasHapus
  28. Wah, bagus aplikasinya ya. Ternyata ada editor apps juga. Kirain cuma grmmarly aja.hehe.
    Thanks mbak sharingnya. Bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  29. Terimakasih kasih sharingnya. Yang paling bagus yang mana ya?

    BalasHapus
  30. Terima Kasih, sharingnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

About Me

Main Ad

Like us on Facebook

Popular Posts