How To Write Creative Content Blog

Hari gini blogging sudah menjadi semacam gaya hidup orang-orang kekinian di era sosial media merajai gadget-gadget kita. Bahkan blog sudah menjadi media baru untuk mengkampanyekan sesuatu entah itu profit atau non profit. Tapi dari sekian banyak blog yang ada, gimana caranya agar blog kita bisa menarik minat orang untuk berkunjung dan  betah bahkan balik lagi?

Nah, ini dia yang menjadi topik Kelas Menulis MAM ( Makkunranai Anging Mammiri), komunitas blogger perempuan di Makassar.



"Haa?? Saya jadi pemateri? Kamu tuh nawarin makan siang gratis kek, nongkrong di cafe mana kek, nah itu bagian saya! Ini jadi pemateri...., apa tadi katamu? Konten kreatif? Gak salah orang?" tanya saya setengah gak percaya ditawari jadi pemateri oleh Qiah, salah satu penggiat MAM. 

Singkat kata singkat cerita setelah sebulan dua bulan saya sok nolak-nolak dengan alasan waktu yang gak pas, akhirnya saya mengiyakan untuk mengisi salah satu sesi di Kelas Menulis MAM.

"Ini sharing yah.. bukan ngajarin. Saya mah apa atuh...,"sekali lagi saya mewanti-wanti panitia. Jadilah di hari Jumat, 17 Juni 2016 saya meet up dengan member MAM untuk pertama kalinya.

How To Write Creative Content Blog ala Vita Masli 


Dulu sih, jaman blog masih dipake murni sebagai media curhat (eh sekarang masih kan ya?), postingan blog dari awal sampai akhir teks melulu mah sudah biasa. Gak peduli teksnya mau rata kiri kek, rata kanan kek, tengah kek, ada hiasan kupu kupu terbang ditambah backsound mendayu-dayu. Suka-suka aja. Nulis buat diri sendiri, gak peduli orang lain mau baca apa tidak. 

Apakah itu salah? Gak juga sih sebenarnya. Tapi jika prioritas kamu saat ini adalah agar blog dikunjungi dan tulisan kamu dibaca orang lain, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut : 

Infografis Blogging 101


Mengapa desain blog ini penting untuk diperhatikan? Karena ini adalah first impression blog kamu ke pembaca. Don't judge the book by its cover sih, katanya. Namun tidak bisa disangkal kalau hal pertama yang menentukan kesan adalah penampilan. Sayang banget kan kalau tulisan kamu yang sebenarnya menarik tapi karena tampilan blog kamu kurang menarik (dan gak responsive pula) akhirnya terlewatkan. Jadi gak ada salahnya mencoba tips di atas ya, gaes!

What is Creative Content ? 


Nah, setelah urusan desain giliran memperhatikan isi atau konten dari blog kamu. Saat ini konten di blog gak melulu hanya berisi teks, tapi sudah meluas dan melebar menjadi bentuk gambar, foto, suara, video atau film pendek. 

Konten Kreatif

Duh, kesannya ngerepotin banget ya. Nulis mah nulis aja kali.. 

Iya sih, if you want to put it that way. Tapi tahu gak, di era teknologi yang makin canggih dengan tingkat mobilitas dan kesibukan orang makin tinggi kebanyakan orang mencari informasi melalui gadget mereka. Saat menunggu, dalam perjalanan, bosan di kelas, lagi meeting sekalipun kebanyakan orang gak bisa lepas dari gadget. 

Meski begitu, tidak ada cukup waktu untuk membaca semua informasi apalagi yang panjang kali lebar. Nah, disaat itulah konten kreatif yang melibatkan sesuatu yang visual seperti foto, infografis, video atau slide diperlukan. 

Infografis Konten Visual Blog

A Little Tips From Content Creative Expert 


Memang membuat konten kreatif pada dasarnya membutuhkan keahlian tersendiri. Dari sisi penulisannya saja seorang blogger perlu memperbanyak membaca agar diksi bertambah. Memperluas pergaulan untuk menambah teman dan wawasan pun diperlukan. 

Terkadang dari mengetahui pengalaman orang lain, kita bisa belajar sesuatu yang bisa jadi bahan tulisan kita. Belajar melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda juga penting. Jadi meski topik tulisan kamu sama dengan blogger sebelah, selalu ada hal yang berbeda yang dapat kamu sampaikan pada pembaca.  

Bagaimana Membuat Konten Kreatif


Ciee.. kesannya saya sudah kek pengalaman banget ya, padahal sih saya juga masih harus banyak belajar. Ini juga hasil dari belajar dari para pakar blogging juga sih *salam hormat bagi para suhu*. 

Last but not least, supaya kamu makin semangat membuat konten kreatif yang berkualitas, saya sisipkan pesan-pesan sponsor  dari para content creator. Mudah-mudahan sih bisa menginspirasi.

Infographics Creative Content


Dari ketiganya bisa ditarik kesimpulan bahwa tiga orang top content creator mendukung banget konsep konten yang tidak hanya sekedar teks tapi juga mengandung unsur visual, informatif dan menghibur dengan desain yang menarik. 

Tidak peduli apakah kamu mau menulis blog karena hanya ingin curhat, berbagi ilmu yang berguna, informasi yang menarik atau menjadikannya penghasilan tambahan (eh!). Konten yang kreatif  dan unik membantu kamu menyampaikan isi hati dan pikiran kamu kepada pembacanya. 

Selamat ngeblog dan tetap jadi diri sendiri. Fighting!!

MAM komunitas Blogger

60 komentar

  1. Aduh.. segala infografis sama urusan edit mengedit itu kekuranganku sekali mi.. mana tulisan juga ndak bisa diandalkan.. *malah curcol* Wkwkwk..

    Ajariiin!! Huhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAYAR! hahahahaha... Sering sering mampirlah ke blog. Semangat ya!!

      Hapus
  2. Sayang sekali ndk bisa hadir saat meet up MAM yp sedikit terobati dengan tulisan ini. Yhanks ya vit.... 😊👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Abby ji... hihihhi. Jalan2 terus sampe susah meet up. Sama sama kak. #menerimaoleh2sepatu

      Hapus
  3. Syg tdk bisa ikut..keren2 infografista

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. Di Pare-Pare di' kalo dak salah?

      Hapus
  4. Sabar. Membuat konten kreatif tidak bisa asal sekali jadi.

    Yup, betul banget :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. kalo gak sabar, yaa stress hahaha.

      Hapus
  5. Thanx for share.. sy belum bikin PR nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat dong.. selesai gak selesai, kumpul!! Hihihii

      Hapus
  6. Makasih ilmunya, mbak. Kalau saya yang info grafis ini yang jadi hambatannya. Secara nulis cuman modal HP. Hihi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari hape juga bisa bikin infografis kok. Nanti aku posting ya gimana caranya.

      Hapus
  7. Biasanya (kalau aku sih ) visualnya itu yg makan waktu banget. Nulisnya se jam, edit gambarnya bisa dua hari. Ha..ha... tapi itu terbayar ketika postingannya ternyata banyak yang ngunjungin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener... Toss dulu deh! Kalau kata iklan 'Usaha tidak akan mengingkari hasil' Hehehehe..

      Hapus
  8. Makasih sharingnya. Pengen berbenah blog...blogku apalah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalah..apalah.. Hahah yuk, beberes!

      Hapus
  9. keren mbak desainnya saya suka, dan materinya mantap. Bdw mau tanya, untuk buat desain2 cakep kayak gitu, mbak pakai apa?

    BalasHapus
  10. Makasih sharenya mak,aku suka banget baca"ilmu blogging kaya gini,berguna masukkan buat menulis makin bagus kedepannya hhe ^^

    BalasHapus
  11. Waaaah keren.. bener banget blog yg oke itu bikin pembacanya balik dan balik lagi nengokin blog kita. Salah satunya blog yg tulisannya sedang sy komeni,hehehe hellow kak, salam kenal yaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.. Datang kembali ya! *eh emang toko*

      Hapus
  12. tipsnya keren banget, semoga bisa diaplikasikan :) makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Noni, semoga dibaca sampai tuntas ya. Semangat!!

      Hapus
  13. Menarik sekali, saya mau nambahin biar makin kreatif coba gunakan penambahan video dari youtube. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.. kan sudah dibahas di atas. Hehehe.. Gak dibaca lengkap ya?

      Hapus
  14. Terima kasih sudah sharing, Mbak. Di satu sisi jadi ciut, soalnya ndak bisa itu yang namanya bikin infografis atau membenahi visual blog. Tapi di sisi lain jadi tertantang n termotivasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk! Mari sama-sama dibenahi blognya. Aku pun.

      Hapus
  15. Postingan yang cocok banget buat saya, supaya lebih meras otak lagi buat nulis dan menghasilkan konten yang kreatif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santai mba gak usah meras meras banget sih. Cucian kali ah, diperas. Semangat ya!

      Hapus
  16. Gak mudah emang bikin content yang baik, perlu usaha dan riset. kadang jadi sakit hati klo cuma dihargai murah hahahaha,,, lah kok gw jadi curcol,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mas.. Curcol adalah sebagian daripada komen. :D !

      Hapus
  17. infografisnya keren! tinggal ngejalaninnya nih yg butuh keteguhan hati *apalah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalah apalah.. hehe. Yuk ah, belajar sama sama!

      Hapus
  18. Aku setuju banget, jaman dulu text mulu awal sampe akhir itu masih bisa diterima. Sekarang kesannya bosan dan lelah. Jadi diselingi gambar-gambar deehh... btw, infografisnya keren mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya kak! Cuma lagi 'males' aja sih makanya infografisnya seperti ini. Hehehe.

      Hapus
  19. Tapi atasan saya gak sabar gimana dong mba, ayo ayo buat konten yg viral hehe pusiang mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya buat konten viral masih mikir2 mau apa enggak. Takut nulisnya terlalu sinis buat sebagian orang. Ntar ada yang baper pula. Gini aja cukup.

      Hapus
  20. Nice share kak vita....
    Seandainya masih di makassar ka, ikutan ka juga pasti acaranya MAM...
    Salam sama teman2 blogger makassar ^^ #kangen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudik dong.. terus sharing juga di kelas MAM. Yuk!

      Hapus
  21. trims sharingnya. Hrs ngerapiin blog lagi nih spy kece...

    BalasHapus
  22. kekurangan saya diksi sama editing sih mba.. jadi konten visual apa adanya. hehe tapi harus tetap banyak belajar meskipun otodidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas Zainuddin. Jangan menyerah apalagi lelah belajar. Karena yang lelah itu hanya HAYATI dan bukan Zaenuddin. :D

      Hapus
  23. Setuju mba vita. Ngeblog sepertinya sudah menjadi gaya hidup...

    BalasHapus
  24. Konten Mbak Vita emang bagus dan kreatif. Wajar kalau orang-orang ngajak Mbak Vita jadi pembicara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh.. aku jadi pengen ngumpet di balik punggung Park Bo Gum nih jadinya, hahaha.. Makasih ya Tya.

      Hapus
  25. Rata-rata awal mulanya sama ya, Mba.
    Nulis buat diri sendiri. Eh, terus mulai mikir; "pengen deh orang bisa dapet manfaat kalo abis baca tulisanku."

    Akhirnya, mulai upgrade deh.
    *curhat LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu ada hal yang bisa kita pelajari dari orang lain. Bahkan dari hal yang dianggap remeh oleh yang bersangkutan. Semangat yaaa ngeblognya. Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  26. Slide nya keren, kakak...ilmu nya maknyus, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama=sama mak. Terima kasih sudah mampir membaca tulisan saya yang seadanya ini.

      Hapus
  27. yup bener banget tuch klo ngblog kian ngtren, kian kemari, kian banyak blogger2 kreatif. muda, energik, penuh dengan ide menarik. oya, makasih utk share artikelnya. alhamdulillah jadi tambah ilmu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Helni. Semoga berguna. Semangat!!

      Hapus
  28. Keren mba, aku angguk2 sambil noted :D konten ya mbaa.. kadang kangen tulisan temen2 yg curhatan mba..
    Makasih sharingnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama curhat masih gratis, curhat aja sih mba. Tapi bungkusannya dibuat menarik. Semangat!!

      Hapus
  29. Wah mba, gara2 artikel ini minimal mata saya kebukalah ya, biar ga asal ngeblog hehehhe.

    BalasHapus
  30. akhirnya nemu konten tentang ginian, lagi belajar gimana caranya bikin konten. blognya bagus mba, rapi :)

    BalasHapus
  31. hehe makasih ya kak informasinya :D semoga aja setelah baca ini tulisanku jadi lebih mantap :D

    BalasHapus

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.