Skip to main content

Begini Cara Aman Belanja Gamis Batik Online

Sebagai perempuan berhijab, seringkali gamis batik adalah pilihan tepat kita buat yang ingin tampil feminim di acara formal ataupun semi formal. Kenapa batik? Selain 'sangat Indonesia' banget, gamis batik paling cantik kalau udah dipadankan dengan kerudung polos lebar. Terlihat anggun dan syari, ye kan..? 


Begini Cara Aman Belanja Gamis Batik Online




Gamis batik banyak dijual di toko offline, tapi aku lebih suka beli di online shop sih. Pengalaman buruk saat belanja gamis batik online ini nggak akan aku lupain. Di salah satu media sosial, ada toko online yang baju-bajunya lumayan bagus, modelnya kekinian dan style-nya aku banget. Harganya juga terjangkau.

Belanjalah aku  satu baju di situ karena kebetulan mau dipakai minggu depannya untuk menghadiri undangan. Tepat sehari sebelum tanggal acara, paketnya datang. Setelah dicek, ternyata barangnya nggak sesuai ekspektasi. Kain batiknya tipis, ukurannya sempit, bahkan roknya nggak selebar seperti di gambar. Gagal deh, pakai gamis di acara tersebut.

Pengalaman seperti ini gak cuma menimpa aku tapi pernah juga dialami orang terdekatku. Ada yang dikonfirmasi kalau barangnya habis padahal sudah transfer. Akhirnya ,uangnya dikembalikan padahal udah suka banget sama barangnya. Ada juga yang paketnya nggak dateng-dateng, salah kirim warna atau produk. Pengalaman kaya gini nih yang tentu saja menyebalkan dan bikin kapok. Nggak akan lagi deh belanja online sembarangan.


Tips membeli gamis batik secara online supaya gak salah ukuran dan warna

Setelah itu, aku agak hati-hati saat belanja online. Apalagi untuk barang-barang yang menggunakan ukuran. Seperti baju atau sepatu. Sempat nanya-nanya ke teman-teman yang lain juga tentang pengalaman belanja online. Dari hasil diskusi dengan mereka, banyak yang menyarankanku untuk melakukan hal-hal ini: 


  Cek apakah tokonya trusted apa tidak. Caranya lihat followernya, komentarnya serta testimoninya. Salahku sendiri sih sebelumnya malas cek hal-hal beginian, karena udah keburu suka sama bajunya.

  Untuk produk berukuran, minta detail ukurannya. Biasanya olshop trusted suka mencantumkan panjang serta lingkar dada. Misalnya saat belanja gamis batik, tanyakan mengenai bahan yang digunakan dan ukuran dalam bentuk cm.

  Jangan tergiur dengan harga murah atau foto yang kinclong. Lebih baik minta foto real pict agar kita lebih tahu kondisi aslinya. Mengenai harga, sebenarnya sangat berpengaruh pada kualitas bahan dan tingkat kesulitan saat pembuatannya.


Tips di atas aku coba praktikkan tips saat aku belanja lagi lain waktu, dan ternyata it works lho. Jadi nggak mesti mengalami kejadian buruk untuk kedua kalinya. 


Ciri-Ciri Toko Online Penjual Gamis Batik yang Anti Tipu-Tipu

Nah, selain harus tahu gimana beli gamis batik secara online supaya gak salah ukuran atau warna, kita juga harus hati-hati juga dengan toko online yang saat ini sedang menjamur. Soalnya, sudah sering dengar juga dari teman-teman tentang toko online yang 'nakal'.

Aku pernah denger temenku yang kalap belanja di sebuah online shop dalam jumlah banyak, tapi ternyata barangnya nggak dateng. Penjualnya langsung nge-block kontak dan nggak bisa dihubungi lagi. Kalau kaya gini ngenes banget deh. Makanya aku sih lebih seneng belanja di marketplace aja. Alasannya karena market place itu: 

    Memakai sistem rekening bersama dan anti tipu-tipu.

    Webnya terlihat profesional dan memakai domain berbayar.

    Tersedia informasi tentang status barang, apakah masih diproses atau sudah masuk pengiriman. Jadi, pembeli hanya perlu mengecek info pengiriman.

Selain itu jika berbelanja di marketplace kita bisa memastikan bahwa produknya berkualitas dengan mengecek review atau testimoni dan pembeli lain. Jadi lebih yakin dalam menentukan pilihan beli atau enggak.

 

Nah, belakangan aku pengen meningkatkan kualitas gamis batik yang aku punya. Browsing punya browsing ketemulah aku dengan Qlapa.com. Ini adalah marketplace yang khusus menjual barang handmade yang mendukung kreasi anak bangsa. Namanya Qlapa.com. Senangnya mereka juga ternyata menyediakan gamis batik handmade,loh! Yay! 

Seperti biasa karena baru mengenal web ini, aku membaca semua panduan berbelanja di sini karena khawatir kena tipu. Ternyata mereka menerima penukaran produk dan refund. Tentunya dengan syarat tertentu misalnya karena cacat produksi, salah kirim produk, rusak, dsb. Batas waktu complainnya 8 hari terhitung setelah penjual mengirimkan produk. Jadi saat barang tiba, kamu tinggal cek apakah sudah sesuai atau belum, kalau belum, tinggal ajukan complain. Melegakan kan ya? Gak piker pake lama, aku langsung order deh gamis batiknya. Lucu-lucu abis, soalnya.. 

Ragam model gamis batik yang ada di Qlapa 

Gamis batik di Qlapa.com variatif banget model, bahan, sampai harganya. Nah, inilah beberapa model yang sedang aku kecengin dan pengen membelinya segera:

    Gamis dari batik tulis kuning biru. Model ini eye catching banget. Produk ini dibuat dari dua bahan, bagian atas berupa katun ima polos warna biru. Sedangkan bagian bawahnya dari batik tulis Cirebon bahan katun. Item ini dibandrol dengan harga Rp465.000.



   Dress katun Ameera. Bahannya memakai kain katun dengan batik cap warna cokelat. Tersedia seleting di bagian depan, sangat cocok untuk ibu menyusui. Harganya hanya Rp150.000.  



   Naira dress ungu. Gamis berbahan batik Madura ini terlihat unik karena menggunakan dua motif yang berbeda antara bagian sebelah kanan dan kiri. Keduanya dipisahkan oleh kancing hidup yang terdapat di bagian atas hingga bawah dress. Produk ini dibandrol Rp500.000. 



Tuh kan.. lucu-lucu banget gamis batiknya. Tampak elegant dan pastinya mendukung karya anak bangsa. Gak perlu ragu lagi nih buat belanja gamis online. Kamu gimana? 

Comments

  1. Gamis batiknya bagus bagus bangeeet. Kalau beli online di toko online terpercaya bikin kita nggak kuatir ya mbaaa

    ReplyDelete
  2. Barang di qlapa emang keren2 ya...

    ReplyDelete
  3. wah, bisa dicoba nih, belanja baju muslim di qlapa

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Popular posts from this blog

5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Mengetahui Liriknya

Jadi ceritanya, saya ini sering kangen sama Daehan, Minguk, Manse. Meski mereka sudah 'graduate' dari The Return Of Superman, saya masih penasaran dibuat penasaran dengan sebuah lagu yang dijadikan backsound di episode 116. Gak cuma saya, ternyata banyak juga loh penggemarnya Daehan, Minguk, Manse yang pengen tahu apa sih judul lagu itu. Saya sampai dikejar-kejar pertanyaan oleh salah seorang fansnya triplets di Instagram.

Biasanya kalau saya gak tahu judul sebuah lagu, saya berusaha menangkap beberapa kalimat dari lyrics lagu tersebut. Abis itu baru deh nanya Om Google. And it works all the time, except for this one : Lagu Backsound di episode perpisahan Daehan, Minguk, Manse. Mesin pencari seperti Google atau Bing tidak akan banyak membantu kecuali kita tahu beberapa kata dari lirik lagu atau clue tentang nama artis atau band. Dan saya gak bisa menangkap sama sekali liriknya juga gak tahu pasti siapa yang nyanyi. Gimana caranya ya?




5 Aplikasi Mengetahui Judul Lagu Tanpa Men…

Begini Cara Lulus Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Setelah sebulan mutasi di Mamuju, di akhir bulan April saya ditugaskan ke Jakarta demi menempuh diklat Pengadaan Barang dan Jasa yang diselenggarakan oleh LKPP sekaligus ngambil ujian sertifikasinya. Excited? Yes! Entah kenapa saya suka sekali dengan belajar entah itu namanya kuliah, diklat atau sekedar workshop. 'Jeleknya' lagi, saya suka banget ujian. It's like challenging myself of how good I am to comprehend the study.  Weird, isn't it? 
Baca juga : Hello, Mamuju! 
So, ketika akhirnya saya didaftarkan untuk mengikuti diklat sekaligus ujian sertifikasi ini, I was super excited. Yes, I was a little bit worry whether I can pass the exam, secara sudah sangat sangat bukan rahasia lagi kalau ujian sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah itu susaaaahhh banget lulusnya. There's just a little chance that first time taker like me can pass the exam. It's possible though, but it's rarely happen. Terkadang harus ikut ujian dua tiga kali (bahkan denger-denger …

Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water

Menginjak usia 40 tahun, aku mulai lebih intens memperhatikan perawatan kulit wajah. Usia di mana kebanyakan orang mulai memiliki satu dua garis kerutan, entah itu di dahi, ujung mata atau sekitar bibir. Kulit wajah sudah tidak sekencang dan sefresh saat masih berumur belasan dan dua puluhan, membuat banyak perempuan termasuk aku  ingin tetap menjaga kelenturan kulit wajah. Keriput memang tidak bisa dihindari, tapi paling tidak bisa dimimalisir bukan? Review L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence WaterKebetulan banget aku menemukan paketan ‘Youthful Kit’. Isinya L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water dan Dex Revitalift White Day Cream. Wah, pucuk dicinta ulam tiba. Pas banget, kebetulan aku sudah sering menggunakan produk-produk L’oreal dan gak pernah ada masalah.


Paket tiba dua hari kemudian dan langsung aku unpacked (check di Youtube Channel Vita Masli, ya. ). Gak sabar banget pengen menggunakan L'oreal Revitalift Micronized Centella Essence Water se…