How I Edit My Youtube Video

Ini adalah postingan upgrade dari postingan aku sebelumnya di tahun 2015 : 5 Aplikasi video editor untuk pemula. Pada tahun itu aku sudah memprediksikan bahwa di tahun-tahun berikutnya (which is saat ini), akan makin banyak orang yang terjun ke Youtube. Entah serius, entah main-main. Apapun, setidaknya perlu untuk tahu mengedit video walaupun sedikit.

silah baca juga : Video Editing Software Untuk Pemula  



How I Edit My Youtube Video 

For years, I've been editing my Youtube Video in a very simple way. Iyes, siapa juga yang mau ngedit video pake cara ribet, ya kan? Pertanyaan yang sering banget aku dapatkan ketika aku selesai menshare link upload an video di youtube channel aku adalah : 'Ngeditnya pakai aplikasi apa?', 'Ngeditnya pakai hape?', 'Cara ngedit video gimana?' dan beberapa pertanyaan lainnya. 

Pada postingan kali ini, aku mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering banget diajukan.Disimak ya! 

1.  What application do you use to edit your video? 


Ngedit (video)nya pakai aplikasi apa? 

Well, basically aku mengedit video menggunakan aplikasi Adobe Premiere. Saat ini yang aku gunakan ada dua, yaitu Adobe Premiere CC 2015 (untuk laptop aku keluaran 2011) dan Adobe Premiere CC 2018 (untuk laptop yang lumayan canggih processor i7 dan RAM 8 GB). 

Aku sudah nyaman banget menggunakan aplikasi ini, mungkin karena sudah terbiasa saja. Beberapa kali sempat mencoba aplikasi editing video lainnya seperti Sony Vegas Pro 12, Wondershare Filmora dan MovAvi Suite. Entah kenapa, aku balik lagi ke Adobe Premiere CC. Apakah ini yang namanya cinta? Hahaha!



Hal yang aku suka menggunakan Adobe Premiere CC 2018 adalah aku bisa dengan mudah mendrag file, cutting,coloring, buat caption (yang nantinya membantu aku untuk sub cc di youtube) sampai membuat title. Ada yang bilang bahwa Adobe Premiere ini agak rumit, jadi aku selalu menyarankan video editor lain yang lebih simple seperti MovAVI dan Wondershare Filmora. Ketiga aplikasi tersebut memiliki versi PC/Laptop dan mobile yang bisa diunduh di hape.

2. Ngedit video di PC atau di Hape? 


Aku pribadi lebih nyaman ngedit video di PC/Laptop.  Alasannya sederhana, karena jempol aku gede. Hahahaha! Rasanya kurang nyaman untuk mendrag atau mencut video di layar hape. Belum lagi kalau ada beberapa video yang ingin disatukan. Mengingat saya bukan tipe one take video, pada akhirnya saya memiliki beberapa file video untuk satu episode. Praktisnya, laptop pun jadi pilihan. 

Meskipun begitu, jika kamu merasa ngedit di PC/Laptop lebih ribet atau kamu ingin mengedit satu atau dua video saja yang berkesinambungan, menggedit menggunakan hape bisa jadi lebih praktis. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Beberapa yang aku rekomendasikan adalah FilmoraGo, Kinemaster, PowerDirector, atau Adobe Premiere Clip.

3. Bagaimana Mengedit Video ? 


Ini dia pertanyaan yang agak susah dijawab melalui postingan blog.  Garis besarnya adalah, aku harus menyiapkan :

1. Footage/Video yang akan diedit.

2. Menyiapkan stroy line.

3. Musik latar ( bisa didwonload di Youtube Audio Library pada section Youtube Studio Beta). Pilih musik latar sesuai tema video.

4. Membuat project dan sequence di Adobe Premiere.

5. Mengimport footage/video dan musik latar ke sequence yang telah disiapkan. 

6. Mengcut bagian video yang tidak perlu, menyambungkan bagian video yang satu dengan yang lain, menambahkan effect, mengatur audio, membuat title dan caption dan jika pengen terlihat cinematic bisa memberi filter atau mengatur color grading.

7.  Video yang telah diedit tersebut kemudian aku tonton lagi terlebih dahulu secara keseluruhan agar bisa mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki.

8. Jika sudah melewati proses reviewing, barulah kemudian aku melakukan proses rendering dan mengeksportnya sebagai media yang cocok untuk diupload ke Youtube.

9. Kembali melakukan reviewing untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Jika tak ada yang perlu diedit ulang, baru deh aku upload ke Youtube channel Vita Masli.

Jika ada yang berminat gimana caranya mengedit video menggunakan aplikasi Adobe Premiere, Wondershare Filmora atau MovAVI, silahkan komen di bawah dan akan kucoba buat videonya untuk diupload ke Youtube channel Vita Masli.

4. Berapa Lama Mengedit Video ? 

Tergantung durasi dan berapa footage/video yang aku gunakan. Biasanya untuk durasi 12-17 menit, aku memerlukan waktu 3-4 jam hanya untuk mengedit kasar. Editan itu kemudian aku save dulu, ditinggalin lalu dicek kembali beberapa jam kemudian atau keesokan harinya kalau lagi banyak tugas di kantor. Aku sengaja untuk mengendapkan hasil editan beberapa saat agar bisa lebih 'jernih' mereview videonya.




That's it, now you know how I edit my Youtube video. Sederhana kan? ((KAAAAAN....)). One thing for sure is, practice makes perfect. Aku juga masih terus belajar, liat tren video editing yang ada dan terus berlatih mengedit video. It's ok to make mistakes karena di video berikutnya kita bisa memperbaikinya.

Selamat mengedit video. Please share postingan ini jika kamu rasa ini berguna dan jika ada yang pengen ditanyakan, jangan ragu untuk komen di bawah.  Sampai bertemu di postingan berikutnya.

Wassalam!

Comments

  1. Aku paling ga bisa edit2 video pake PC, pake hp pun alakadarnya doang, yg simpel2 aja bisanya hahaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Popular Posts