Cara Mereka dan Mengedit Suara di Hape Untuk Podcast dan Voice Over Video You Tube

Hi teman-teman!

Sering kali saya ditanya bagaimana saya merekam suara untuk channel Podcast dan voice over di video You Tube Vita Masli. Banyak yang pengen tahu bagaimana cara mendapatkan hasil rekaman yang jernih tanpa noise meskipun di tempat yang kurang kedap suara. Tidak kurang yang ingin merekam dan mengedit suara menggunakan hape dengan alasan praktis dan tidak perlu menggunakan laptop atau PC. 

Sebenarnya ada berbagai macam aplikasi di hape yang bisa digunakan untuk merekam dan mengedit suara. Tergantung apakah yang kamu gunakan adalah hape android atau iOS. Berhubung hape saya menggunakan sistem android, tentunya saya memilih-milih aplikasi di Google Play. Pilihan saya jatuh pada aplikasi bernama 'Wave Editor.' 




Dari logonya saja, sedikit banyak mengingatkan saya pada Adobe Audition yang sering saya gunakan di laptop. Makanya saya senang banget karena fitur-fitur dan penampakan sequence timelinenya pun mirip dengan Adobe Premiere. Aplikasi Wave Editor ini memungkinkan pengguna untuk merekam suara di hape sekaligus mengedit suara sesuai kebutuhan, bahkan bisa menggabungkan lebih dari dua track yang dapat digunakan jika kamu butuh menambahkan musik latar.  

Untuk kamu yang ingin memulai channel Podcast, channel You Tube atau channel bernyanyi, aplikasi Wave Editor ini cukup membantu. Kamu dapat menghilangkan noise atau background sound yang tidak diinginkan, memotong bagian yang tidak perlu, menyambungkan satu atau dua bagian suara dalam satu timeline, mengubah suara menambahkan efek suara. Hasilnya cukup jernih dan tidak kalah dengan hasil editan dengan menggunakan Adobe Audition. 

Beberapa orang bisa jadi lebih nyaman merekam dan mengedit suara di laptop seperti saya, tapi untuk kamu yang mengandalkan smartphone, sekarang kamu bisa merekam dan mengedit suara layaknya profesional di studio dengan aplikasi Wave Editor ini.

Kalau kamu pengen tahu bagaimana cara merekam dan mengedit suara di hape dengan hasil yang jernih dan tak kalah dengan studio professional, saya sudah menyiapkan video tutorialnya di You Tube Channel Vita Masli. Dalam video tersebut, kamu bisa belajar bagaimana cara:

1. Merekam suara 
2. Menghilangkan noise / suara-suara yang tidak diinginkan 
3. Memotong dan memasukkan suara 
4. Merubah pitch suara, menjadi lebih tinggi atau lebih rendah 
5. Menggabungkan beberapa suara dalam satu output file audio (multi track mixing) 

Kuy ditonton di You Tube Channel Vita Masli!  




Post a Comment

6 Comments

  1. Terimakasih informasinya. Saya mau belajar juga.
    Btw minta sub baliknya juga ya...

    ReplyDelete
  2. Mba Vitaaa, thank you do much for this sharing. So helpful! 💕🙏

    ReplyDelete
  3. Dan selama ini aku pgn banget belajar bikin podcast, utk cerita pengalaman travelingku. Tp msh suka bingung edit dan segala macamnya. Sukaaaaa dengerin tutorial YT nya mba. Mudah dimengerti pula. Lgs subscribe!! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tabarakallahu mba Fanny, senang kalau bermanfaat. Next, enaknya bahas apa lagi ya?

      Delete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.