Air Cooler Apa yang Harganya DIBAWAH Sejuta ?

by - May 11, 2020


Menetap di tempat yang hawanya bikin gerah rasanya pengen ngadem aja. Pengen pasang AC, tapi kok ya mahal. Belum bayar listrik per bulan bakal nambah dan pasangnya juga agak ribet. Pake kipas angin, dingin enggak masuk angin iya. Akhirnya setelah lama berpikir, aku memutuskan untuk beli air cooler aja. 

Apa sih Air Cooler itu?

Air Cooler adalah penyejuk ruangan yang dapat untuk melembabkan udara melalui proses penguapan. Bedanya dengan AC yang menggunakan freon untuk mendinginkan, Air Cooler menggunakan air untuk menyejukkan udara. Kesejukan yang dihasilkan oleh Air Cooler ini lebih baik dari kipas angin. Jadi bisa dikatakan Air Cooler ini berada di tengah-tengah Air Conditioning dan Kipas Angin. 

Kebetulan, pas aku lagi jalan-jalan ke Ace Hardware, ternyata ada air cooler yang lagi diskon 50%. Ini dia :


Detail Produk dan Spesifikasi : 

  • Aliran udara : 500 CMH
  • Daya : 85 Watt
  • Kapasitas kontainer : 10 liter
  • Pengaturan kecepatan kipas
  • Bantalan Honeycomb
  • Warranty Part 12 Bulan
  • Warranty Services 12 Bulan
  • Remote 
  • Area Penggunaan : 10 - 15 M2
  • Mode Natural dan Sleep
  • Pengatur Waktu 7,5 jam 
  • Kompartemen es batu di bagian atas unit
  • Harga : Rp. 849.000,- 

Review Product 

Dilihat dari segi penampakan product, Air Cooler ini tampak seperti AC standing dengan ukuran yang lebih bantet. Hal ini cukup menarik buat saya, karena terlihat lebih elegan untuk diletakkan di sisi ruangan. Warnanya yang putih memudahkan kita untuk memadu padankannya dengan warna furniture dan warna tembok di ruangan tempat Air Cooler ini diletakkan. 


Air Cooler yang hanya dijual di Ace Hardware ini memiliki lubang angin yang besar dengan tiga level kecepatan yaitu High, Medium and Low speed. Selain itu Air Cooler Apa ini juga memiliki mode Sleep dan Natural. Semakin tinggi level kecepatannya, angin akan semakin kencang namun suara kipasnya pun semakin keras. Sehingga, saya biasanya lebih memilih level kecepatan low saja. Apalagi Air Cooler ini hanya saya tempatkan di ruangan berukuran 4 x 5 saja. Segitu juga sudah cukup dingin menurut saya. 

Cukup mengisi tanki air tidak lebih dari 10 liter dan menekan tombol cool, ruangan sudah cukup terasa dingin. Jika ingin lebih dingin lagi, boleh tambahkan ice cube atau blue ice pada kompartemen es batu di bagian atas unit. Memang sih, dinginnya agak beda dengan dingin AC tapi boleh dikatakan bahwa masih lebih baik daripada menggunakan kipas angin biasa atau kipas angin uap. 

Untuk arah anginnya bisa diatur menggunakan tombol swing. Sayangnya arah angin hanya bisa kiri dan kanan dan tidak bisa atas dan bawah. Hal menarik lainnya adalah Air Cooler ini dilengkapi dengan remote dengan jarak jangkauan 5 meter. Sehingga lebih memudahkan jika sudah mager. 



Berbeda dengan Air Cooler lainnya, kompartemen es batu terletak di atas. Sayangnya Air Cooler Apa ini tidak menyediakan ice cube. Kalau kata Ace Hardwarenya sih bisa diisi pakai es batu biasa. Iya sih, krn air dari es batu yang meleleh itu nantinya akan masuk jga ke penampungan airnya. 



Di sebelah kiri ada tangki air di mana untuk pengisiannya gak boleh lebih dari 10 liter dan diisi dalam keadaan off.  Di sebelah kanan gak ada apa-apa sih kecuali pegangan untuk mengangkat Air Cooler.



Di bagian belakangnya terdapat lubang keluar air, misahlnya pengen ganti air atau air coolernya pengen dibersihkan, bisa mengeluarkan airnya dengan menarik tutupnya. Terdapat pula filter debu dan bantalan dalam Honey Comb. Jika ingin dibersihkan, buka aja sekrupnya.



Air cooler Apa ini dilengkapi dengan 4 buah roda jadi lebih mudah untuk digeser ke berbagai tempat. Tips dari aku, karena hembusan anginnya kuat,, rajin-rajin bersihin kamar supaya debuan. Ok, itu aja review dari aku, mudah2an membantu. Video reviewnya bisa kamu simak di sini :


You May Also Like

33 comments

  1. Waaaa beruntungnya dapat air cooler bagus dengan harga di bawah sejuta
    Mau jugalah aku nih. Masih diskon gak ya di Ace hardware
    Sepertinya kami butuh nih buat di ruang keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera mba. Kayaknya masih ada deh. Ini lumayan loh, untuk kondisi krisis kayak gini.

      Delete
  2. boleh nih di saat kemarai, listrik lebih hemat tuh cuma 85 watt. dari pada biaya pakai AC bisa kebayang dong biaya listrik yang di tumbulkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mungkin dinginnya gak bakal sama dengan AC ya, karena fungsinya beda. Ini lumayan kok buat ruangan kecil hingga sedang.

      Delete
  3. mungkin karena discount 50% ya jadi harganya dibawah sejutaan, karena setau saya pun harganya diatas sejutaan. Dan baru tau wattnya ternyata 85 kiran ampe 300an seperti ac.. mantap juga diletak diruang tamu air coolernya biar tetap dingin apalagi kalo lagi ada acara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir harganya emang segitu sih kak.. karena sampai skrg gak naik2 juga harganya, hehehe. Iya sih ini lumayan buat ruang kecil.

      Delete
  4. Ehehe pasti enak banget kalau punya cooler ginian pas ada acara. Soalnya praktis bisa didorong-dorong kemana-mana. Semoga awet ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener.. gampang didorong ke mana-mana. Iya, mudah2an awet deh.

      Delete
  5. Aku juga lebih melirik air cooler ini sebagai pendingin ruangan, mba.
    Setelah membaca review ini semakin memantapkan hati agar ada di rumah.

    ReplyDelete
  6. Waaah baru tahu nih perbedaaan antara air cooler dan air conditioner meski sudah sering lihat air cooler. Harganya terjangkau ya, cocok untuk rumah tangga.

    ReplyDelete
  7. Air Cooler ini efektif juga jika ada di rumah, fungsinya sama seperti AC atau pendingin lainnya dan bisa dipindah tempat kemanapun kita mau, review nya lengkap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks kak.. Kalau mau lihat video reviewnya mampir aja ke youtube channel aku Linknya di atas.

      Delete
  8. Bikin adem pastinya kalau buat di kamar sendiri,
    pernah coba pakai air cooler tpi lama kelamaan ga dingin lagi entah apanya yang rusak hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin harus dibersiin kak bagian filternya.

      Delete
  9. Lucu banget air coolernya. Kayaknya cocok nih buat di kostan. Ukurannya ga terlalu gede dan ga makan tempat. Soalnya kalau beli AC sayang aja, cuma sebentar di kostan hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini memang pas buat anak kos. Sayang juga sih kalua beli AC, belum bolongin dindingnya pun.

      Delete
  10. Replies
    1. Iya mas. kan sudah aku tulis juga di atas. Hehehe

      Delete
  11. Wah ini bisa jadi pilihan ya..
    Lebih hemat listrik daripada pakai ac ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, hemat listrik. Tapi ademnya beda loh yaa..

      Delete
  12. Oh ini kipas angin yang kayak ac itu ya? Baru tau kalau namanya air cooler. :D
    Nanti kalau punya rumah sendiri pengin deh beli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mas.. Kipas angin kayak AC itu bentuknya kayak AC tapi ya emang kipas angin gak ada dinging-dinginnya. Hehehe

      Delete
  13. air cooler ini cocok banget buat rumah yang memiliki wat rendah dan ngga bisa pasang AC ya kak, aku mau coba banget nih kebetulan ruang tamu kayanya butuh nih! penting banget

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata murah juga ya? Atau mungkin karena pas diskon aja? Tapi tetep aja, jadi kepikiran untuk beli ini di rumah. Akhir-akhir ini udara terasa sangat panas, pasti air cooler ini sangat efektif sebagai pengganti AC yang boros listrik.

    ReplyDelete
  15. Eh ternyata merek produknya APA ya, sempat bikin bingung waktu baca judulnya. Kalo dilihat bentuknya cukup ringkas ya, nggak makan tempat. Jadi bisa mudah utk dipindah-pindah

    ReplyDelete
  16. Wah ada juga ya yang berkualitas dan dan dibawah harga 1 juta, masih kembalian ya :D cocok dimiliki nih kebetulan cuaca lagi panas dan bentar lagi idulfitri, biasanya beberapa tetangga mampir bs taruh d ruang tamu :D

    ReplyDelete
  17. mbak terjangkau banget niih belinya di Ace pula.. thanks informasinya, lumayan kalo besok2 butuh jadi tau harus beli kemana :D

    ReplyDelete
  18. Lumayan nih ya bisa jadi pilihan di tengah cuaca panas Indonesia. Lebih hemat daripada pakai AC dan lebih sejuk dibandingkan dengan kipas angin.

    ReplyDelete
  19. Wah pas banget ini di Surabaya lagi panas meskipun malam hari
    Jadi pengen beli ah bulan depan

    ReplyDelete
  20. Baru tahu benda ini namanya air cooler toh. Yup Tentunya kita bakal lebih hemat pakai ini daripada AC trus untuk kesejukannya juga lebih enak ya dari kipas angin

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Follow Me