6 Hal Yang Bisa Kita Pelajari dari Drama Korea The World of The Married

Akhirnya setelah 16 episode, tuntas juga drama Korea The World of The Married yang tayang di JTBC dan platform drama online. Drama Korea ini sebenarnya bukan genre drama yang aku suka, tapi berhubung kekurangan tontonan di masa pandemi Covid 19 ini, akhirnya aku tonton juga. Awalnya karena di dua episode pertama penayangannya, teman-teman pencinta drakor di twitter pada heboh membahas drama pelakor yang ngeselin dan bikin gemes ini. Bisa dibilang drama Korea The World of The Marriage ini plot kisahnya khas bu ibu Indonesia banget : Perselingkuhan dan Pelakor. Fixed, langsung jadi TTWW. 

6 Hal Yang Bisa Kita Pelajari dari Drama Korea The World of The Married 




Bagi teman-teman yang belum nonton dan hanya baca status-status yang berseliweran di sosial media tentang drama drama Korea The World of The Marriage, aku bocorin sedikit sinopsisnya, yah. Oiya, perlu diingat drama ini diberi rate 19+ sehingga tidak cocok ditonton oleh remaja. 

Sinopsis Drama Korea The World of The Married


Drama ini berkisah tentang pernikahan karakter utamanya Jin Sun Woo, seorang dokter dan wanita karier yang sukses dan tangguh. Kariernya melesat akibat kemampuannya serta dedikasinya dalam pekerjaannya sebagai dokter umum di sebuah rumah sakit di Gosan. Tidak hanya sebagai dokter, Jin Sun Woo juga merupakan wakil direktur di rumah sakit tersebut. 

Drama Korea The World of The Married
Dokter Jin Sun Woo

Sementara suaminya, Lee Tae Oh adalah pemilik rumah produksi film sekaligus penulis skenario film yang hingga mereka berumah tangga dan memiliki anak remaja tidak pernah sukses juga. Proposal filmnya selalu ditolak, perusahaannya selalu merugi dan dia sama sekali tidak tahu cara mengelola keuangan perusahaan. Mau tidak mau, Jin Sun Woo lah yang pada akhirnya selalu mensupport rumah produksi suaminya. Mulai dari membantu melobby investor sampai menyuntikkan dana.  


Lee Tae Oh The World of The Married
Lee Tae Oh 

Kehidupan pernikahan mereka tampak sangat mesra dan saling mendukung satu sama lain. Meski telah menikah lebih dari sepuluh tahun, pasangan Tae Oh dan Sun Woo tetap hot dan mesra. Tae Oh tampak sangat menyayangi istri dan anaknya serta setia. Sampai kemudian kecurigaan bermula tatkala Sun Woo menemukan lip balm cherry di saku jaket suaminya yang baru saja pulang dinas luar ke China. Awalnya Sun Woo masih percaya saat Tae Oh beralasan dia asal saja membeli lip balm di bandara karena tidak tahu berbahasa mandarin. Tae Oh pun sempat memberi syal berwarna biru kepada Sun Woo yang pada akhirnya membuat Sun Woo makin curiga karena menemukan selembar rambut panjang berwarna hazel di syal tersebut. Siapakah pemilik sehelai rambut itu sementara rambut Sun Woo sendiri pendek dan berwarna hitam. 

Insting seorang perempuan pun bermain. Sun Woo mulai menyelidiki dan mencurigai satu demi satu perempuan yang dekat dengan suaminya. Firasatnya mengatakan Lee Tae Oh berselingkuh tapi dia tak juga mau menanyakan langsung. Setelah investigasi yang mendalam tanpa disengaja dan tak diduga akhirnya Sun Woo mengetahui siapa pelakor dalam rumah tangganya bersama Lee Tae Oh. 

The World of The Married
Da Kyung, Pelakor Tahun Ini 

Perselingkuhan terkuak di perayaan ulang tahun Lee Tae Oh. Di depan matanya sendiri, Jin Sun Woo akhirnya mengetahui bahwa perempuan bernama Da Kyung ini adalah anak dari pasiennya sendiri. Anak orang kaya dan berpengaruh di kota Gosan. Masih muda, cantik, seksi, pokoknya mah pikiran kita sebagai penonton 'kenapa mau sih sama laki orang?'. 

Perselingkuhan di Depan Mata 

Kisah drama Korea The World of The Married ini makin memanas di episode-episode berikutnya. Pertarungan yang sengit antara Jin Sun Woo yang ingin menyelamatkan pernikahannya dan Da Kyung si pelakor yang tampaknya makin menggila serta suami Lee Tae Oh yang makin tidak tahu diri. Masalah makin diperumit ketika perselingkuhan diketahui oleh sang anak Lee Joon Young. 

Lee Joon Young, ABG yang Keseringan Melihat Kemesraan Orangtua Lalu Kemudian Kecewa Bokapnya Berselingkuh 

Perselingkuhan ini akhirnya melibatkan makin banyak orang karena ternyata selama ini semua orang yang dekat dengan Jin Sun Woo tahu Lee Tae Oh pacaran dengan Da Kyung. Like everybody in Gosan, kota sekecil upil itu tahu dan Jin Sun Woo aja yang dibohongi selama lebih dua tahun kagak ngeh juga kalau diselingkuhin. Gabungan antara terlalu sibuk kerja dan terlalu percaya sama suami kayaknya nih! Gak cukup masalah gonjang ganjing rumah tangganya, pekerjaannya pun sempat oleng karena kasus ini terbawa-bawa sampai ke kantor. Tetangga juga ikut-ikutan rese pula. Sudahlah, ini seperti Jin Sun Woo melawan dunia, orang-orang yang dipercayainya malah adalah orang yang mengkhianatinya. 

Drama The World of The Married ini makin seru karena usaha Jin Sun Woo bermain cantik dalam menjebak Da Kyung dan keluarganya sekaligus memberi pelajaran pada Lee Tae Oh dan para bu ibu arisan sosialita Gosan yang kerap ngerumpiin dia di setiap pertemuan. Meskipun pada akhirnya dia memilih bercerai, perjalanan kisah hidup bu dokter yang kadang pinter kadang panikan hingga berbuat bodoh ini belum selesai begitu saja. Jin Sun Woo dan Lee Tae Oh masih tetap berseteru bahkan ketika akhirnya Lee Tae Oh menikah dengan Da Kyung karena doi hamil duluan. 

Oiya, selain cerita pernikahan Jin Sun Woo dan Lee Tae Oh, The World of The Married juga mengisahkan perkawinan pasangan Go Ye Rim dan Son Je Hyuk, tetangga kompleks yang sudah bertahun-tahun menikah tapi sang suami masih rajin 'jajan' dan gak mau punya anak. Pasangan pacaran Park In Gyu yang sering melakukan kekerasan fisik pada Min Hyun Seo tapi susah putus (karena kalau minta putus pasti digebukin) dan gosip-gosip khas bu ibu sosialita yang gak kalah seru. 

 Son Je Hyuk dan Go Ye Rim


6 Hal Yang Bisa Kita Pelajari dari Drama Korea The World of The Married

Nonton Drama Korea The World of The Married ini seperti melihat potret realistis kehidupan pernikahan. Memang, namanya juga drama, pasti adalah yang dilebih-lebihkan. Tapi.. sedikit banyak ada 6 hal yang bisa diambil pelajaran dari drama ini,khususnya kamu yang masih single : 

1. Pilihlah Pasangan yang Setara 


Sejak awal sebenarnya Jin Sun Woo sudah tahu Lee Tae Oh ini pekerjaan dan karirnya kagak jelas. Mau jadi produser film tapi kok ya gak punya modal dan gak percaya diri. Jin Sun Woo sudah jadi residen, dia belum jadi apa-apa. Hanya bermodalkan rasa tanggung jawab karena sudah bablas hamil duluan akhirnya mereka menikah. Ketika menikah tidak ada perubahaan dalam karir Lee Tae Oh. Tidak tahu mengelola keuangan perusahaan, tidak percaya diri, tidak tahu melobby orang, tahunya marahin istri tapi ternyata malah istrinya yang bantuin dia ngelobby calon investor. Aigoo.. 

Akibatnya, sebagai suami Lee Tae Oh selalu merasa berada dibawah bayang-bayang istrinya. Dengan alasan tersebut dia akhirnya mencari penghormatan dan rasa dibutuhkan pada perempuan yang lebih muda dan cantik seperti Da Kyung. Menurut Lee Tae Oh, dia merasa terintimidasi oleh Jin Sun Woo sementara dengan Da Kyung dia merasa nyaman dan merasa hidup kembali. 

The World Of The Married
Paling Tidak Seperti Ini lah. Sama Sama Dokter Sukses


Tidak sedikit kasus perselingkuhan bermula dari rasa ketidakpercaya diri sang suami akibat pasangan mereka lebih kuat dan stabil secara ekonomi dibanding mereka. Makanya menurut aku penting bagi perempuan-perempuan untuk memilih pasangan yang setara. Kalau pekerjaannya sudah gak jelas dan tampaknya bakal kamu yang modalin dia, sudah tinggalin aja. Gak ada cerita gak apa-apa hidup susah-susah bersama di awal. Jangan! Kamu sudah hidup nyaman, ngapain cari susah? 

2. Jauhi Laki-Laki Sakit Jiwa atas Nama Cinta dan Laki-Laki Parasit 

Park In Gyu adalah contohnya. Tahunya cuma bisa menyakiti Min Hyun Seo. Sudah Min Hyun Seo yang banting tulang kerja, dia tahunya mabok doang dan minta uang mulu. Parasit banget kan? Setiap kali Min Hyun Seo berniat putus atau melarikan diri, pasti dapat jatah pukulan dari Park in Gyu. Sakit jiwa sih ini sebenarnya. 



Selain model cowok parasit kayak Park In Gyu, Lee Tae Oh sebenarnya adalah laki-laki parasit juga. Sudah selingkuh, dating dan belanjain cewek selingkuhannya pakai kartu kredit yang dibayar sang istri. Dana tabungan untuk anak diambil, aset istri dijadikan jaminan, eh.. begitu menikah lagi, mertua lagi yang membuatkan perusahaan dan menempatkan dia sebagai direktur. Gak mandiri secara finansial, dimodalin dan difasilitasi mertua. 

Aigoo.. dua cowok macam ini yang harus dihindari ya, ladies. Secinta apapun kalian dan seganteng apapun orangnya, sudah tinggalin aja!! 

3. Pikir Lagi Pacaran dengan Suami Orang 

Sebagai perempuan, sedikit banyak melihat laki-laki yang rapih, wangi, enak dilihat dan kelihatannya mapan itu sungguh sangat menarik. Mereka tampak lebih dewasa, lebih mengayomi, lebih sabar dan kelihatan lebih sukses dibandingkan laki-laki sebaya yang baru saja meniti karir. Nah disini para cewe-cewe single kadang lupa, bahwa dibalik kerapihan baju yang mereka pakai, wangi yang menggoda, wajah mulus, tatanan rambut dan gaya yang menarik hati, ada perempuan yang bertitel ISTRI yang ngaturin itu semua buat mereka. Apa kalian pikir laki-laki bisa mengurus diri mereka sendiri ? 



Enggak... sekeren-kerennya laki-laki yang bisa mendandani diri mereka sendiri di saat single, lebih keren laki-laki beristri. Kenapa? Ya karena mereka terima beres aja. Makan siapin, badan gak kurus dan tampang gak kuyu. Baju disetriakain, parfum dipilihin, dasi dipasangin, aaih.. liat deh bapak dan ibu kamu. Tanya aja sama ibu kamu, dulu waktu sebelum mereka menikah memang bapak kamu sekeren setelah menikah? Trus kenapa mereka kelihatan lebih dewasa, lebih mengayomi, lebih sabar, lebih tahu maunya kamu sebagai perempuan? Ya karena sudah belajar menghadapi istrinya..... !  

Nah kalau sudah tahu, ada perempuan yang sudah lebih dulu jadi istrinya di balik gemerlap yang memukaumu itu.. coba balikin ke diri sendiri. Gimana perasaan kamu kalau ada perempuan lain yang menggoda bapak kamu dan akhirnya bapak kamu meninggalkan mama kamu, Suka? Gimana kalau pasangan kamu yang sudah kamu 'rawat' dan cintai sepenuh hati tergoda perempuan lain, kamu rela? 

Pada akhirnya meski Da Kyung sebagai pelakor akhirnya menikah dengan Lee Tae Oh, dia tak pernah merasa bahagia dengan perkawinannya. Kamu mau juga seperti itu? 

4. Menikah dengan Duda Cerai Punya Tantangannya Tersendiri

Sorry to say ladies.. ini bukan cuma di drama dalam kehidupan nyatapun menikah dengan duda yang bercerai apalagi yang sudah memiliki anak memang agak beresiko. Ada kemungkinan sang laki-laki belum bisa move on dari mantan istrinya. Lebih sulit lagi jika mereka punya anak. 

Ada beberapa 'kasus' di sekitar aku dimana mereka menikah dengan duda cerai beranak satu atau dua. Menurut mereka, kesulitannya adalah mau gak mau si suami dan mantan istrinya masing sering bertemu karena alasan anak. Jikapun tidak, entah bagaimana dalam perjalanan pernikahan mereka mantan istri jadi bayang-bayang istri baru. Gak dibandingin sih, cuma jadi semacam level game yang harus dilewatin dan itu kadang-kadang bikin capek juga. 

Jadi jika pun ingin menikah dengan laki-laki yang sudah cerai dan memiliki anak, make sure aja, mantan istri sudah menikah atau belum? Jangan-jangan dia pengen nikah lagi karena si mantan sudah nikah duluan. Pastikan kamu menikah dengan orang yang sudah move on dari masa lalunya. Jangan kayak Lee Tae Oh, sudah nikah masih nyariin Jin Sun Woo dengan alasan balas dendam .

5. Move On dari Hubungan yang Gak Sehat

Ketika pasangan terus-menerus menjatuhkanmu, mengancam dirimu bahkan teman-temanmu, sering selingkuh, atau melakukan kekerasan, disitulah kamu terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Lebih tidak sehat lagi ketika mereka melakukan itu padamu dan kamu memaafkannya hanya karena faktor kasihan atas nama cinta. 

Bedakan cinta dengan kasihan ya, gengs. Kamu merasa dibutuhkan olehnya dan kamu merasa tanpa kamu dia gak bakal hancur, oleh karenanya kamu bertahan ? Itu bukan cinta.. itu kasihan. Cinta itu tidak membuat diri kamu rela untuk disakiti. Sayangnya yang kamu perlu kasihani itu bukan dia, tapi diri kamu sendiri. Rela gak putus hanya karena terenyuh melihat dia nangis-nangis gak bisa gak ada kamu, yakin tega sama diri sendiri? 

Jadilah tegas seperti Min Hyun Seo yang akhirnya memilih untuk tegas putus dengan Park in Gyu. Karena pada akhirnya dia sadar rasa cintanya pada dirinya sendiri harus lebih besar dibandingkan rasa kasihan berbalut cintanya pada pacarnya yang abusive itu. Begitu juga dengan Jin Sun Woo yang meskipun Lee Tae Oh minta balikan, dia sudah merasa cukup disakiti oleh perselingkuhan dan tingkah laku mantan suaminya itu. 



6. Jangan Menyalahkan Orang Lain atas Kegagalan Diri Sendiri 

Lee Tae Oh menyalahkan Jin Sun Woo saat perselingkuhannya ketahuan oleh calon investornya yang gak lain adalah ayah Da Kyung. Dia juga menyalahkan Sun Woo karena Joon Young tidak berpihak padanya. Lee Tae Oh semakin meruntuki Sun Woo saat dia akhirnya kehilangan jabatan dan fasilitas yang diberikan mertuanya dan diceraikan Da Kyung. Menurut Lee Tae Oh, kegagalan karir dan rumah tangganya yang baru akibat Sun Woo. Padahal siapa sih yang awalnya mulai selingkuh, meninggalkan istri dan anak demi kekasih baru? Kegagalan diri sendiri bukan karena orang lain, itu berawal dari diri kita sendiri wahai Lee Tae Oh... Anak lu aja tau! 

The World Of The Married
Jin Young Sudah Mulai Dewasa



Namanya juga drama Korea, sekusut-kusutnya ceritanya tetap lebih kusut kehidupan nyata. Drama The World Of The Married ini memang tidak berdasarkan kisah nyata, namun tidak bisa dipungkiri juga kisahnya sedikit banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tapi setidaknya dari kisah drama Korea pun ada yang bisa diambil pelajaran, bahwa apapun yang terjadi jangan gak tahu malu kayak Lee Tae Oh. Sudah jadi benalu, dibiayain melulu, selingkuh, abusive, pas gak punya duit minta balikan. Idih! 

Lee Tae Oh yang Tak Tahu Diri 

Menurut pendapat kamu gimana? 

Post a Comment

26 Comments

  1. Wah aku suka mbk ulasanya �� nambahin prespektif baru

    ReplyDelete
  2. jelimet bangey drakor, wajar jika kaum hawa lebih mudah memahami ketimbang kaum adam, hahaha, kaum adam cari mudahnya saja.

    ReplyDelete
  3. omg... ngeri2 sedap nih ceritanya. sedapnya karena drama korea emang hiburan banget. Ngeri karena kasus perselingkuhan itu memang udah jadi rahasia umum dalama pernikahan.
    Yang masih single harus benar-benar jeli sebelum memutuskan untuk menikah.

    ReplyDelete
  4. Saya belum nonton drama ini, belum tertarik sama sekali, apalagi liat di timeline rasanya sudah lengkap bgt review org2 yg posting, tiap scene dibahas hahaha

    ReplyDelete
  5. Yang aku sedih adalah ternyata drama ini cuma menampilkan keburukan dari sisi suami, ya? Padahal dunia pernikahan juga ada yang diwarnai dengan istri2 yang buruk sebenarnya, hehehe ...

    ReplyDelete
  6. Pilih pasangan yang setara, bener banget, kata orang cari calon yang sekufu biar ga jomplang. Banyak penyesuaian cenderung bakal menyulitkan, begitu kata orang. Entah beda kasta ekonomi atau sosial. Jangan sampai diungkit ungkit pemberian atau dukungan salah satu pasangan saat ada masalah. Setuju banget jangan sampai macarin suami orang, itu namanya cari perkara, bukan cari cinta. Yang ada malah sengsara bukan hepi dan gembira. Ini serialnya udah tayang di TransTV ya tapi belum sekali pun nonton, hanya sepintas lalu :)

    ReplyDelete
  7. Aku baru nonton drama ini di Trans TV, yang bisa dipelajari dari film ini ya memang anaklah yang jadi korban perpisahan orang tuanya, dan setiap liat wajah anaknya aku yang ikut sedih :(

    ReplyDelete
  8. Aku puyeng kalau nonton film drama rumah tangga. Wkwkwk...Memang sih di luar sana ada aja kejadian. Seringnya anak yang jadi korban...

    ReplyDelete
  9. Aku penikmat drama Korea paling luar biasa menurutku kak, tapi maaf sekali untuk drama ini adalah salah satu drama yang aku skip nontonnya dari episode 1 sampai 16, cuma mau tahu ceritanya tanpa menikmati sama sekali, mungkin selera kali ya

    ReplyDelete
  10. kwkwkw memanglah yaa, drakor terbaku hantam tahun ini, belum selesai tayang dah ikutan tayang di tv sakingkan panasnya hahaha

    ReplyDelete
  11. Suka sama cara mba memaparkan review drakor yg emang bikin gemes ini :) baca nya ga bosen, penasaran sampai akhir

    ReplyDelete
  12. Saya gak mengikuti drakor ini, tapi melihat komen bu-ibu yang berseliweran di timelime-ku membuatku mencari tahu juga. Dan, potongan scene terakhir memang bikin saya kesal banget. Ih, laki-laki kayak gini benar-benar bikin muak.

    ReplyDelete
  13. Drama tentang perselingkuhan emang seru karena selalu dekat dengan keseharian kita. Jujur saat trending topic di medsos, aku ngga mau ikut larut karena aku ga suka drakor yang ngga bikin semangat hidup. Btw, ini selera lah ya. Tapi ternyata di serial ini banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik.

    ReplyDelete
  14. Aku belum nonton drama ini. Suka lihat drama Korea sih tapi ga terlalu mengikuti. Kalau drama Korea menguras air mata dan konflik yah kak. Coba nanti aku pengen nonton ini

    ReplyDelete
  15. Aku rela nunggu episode selanjutnya tayang tiap minggu gara2 postingan sosmed orang2 juga loh. Tadinya ga suka Nonton drama yg masih on going. Karena penasaran yg terjeda itu ga enak hehe
    Tapi seru bgt emang dramanya. Kasihan bgt sama sun woo. Untung endingnya menurut aku dokter ini menang sih. Kayak merdeka gitu hidupnya.

    ReplyDelete
  16. Memang gemesin kalau ada pria macam Lee Tae Oh, pengen nendang aja, deh! wkwkwk
    Saya sebenarnya males nonton drakor ini, karena pastinya menguras esmosih. Tapi setidaknya setelah baca reviewnya jadi tau, banyak yang bisa kita ambil hikmahnya ya...

    ReplyDelete
  17. Saya pantau di msdsos banyak teman-teman, khususnya wanita, yg membicarakan drama korea ini. Rumit juga ya konflik di dlm ceritanya

    ReplyDelete
  18. Lengkaaapppp banget review-nya termasuk segala rupa pelajaran yang bisa didapat. Aku belum nonton by the way, pun yang sedang tayang di TV. Aku lebih tergoda sama drama yang lain.

    ReplyDelete
  19. wkwk gak kebayang betapa hebohnya makmak se indonesia nonton drakor ini. sampe ada di trans tv loh yaa, emang kalo temanya soal perselingkuhan cepet trending

    ReplyDelete
  20. Saya lihat drama Korea The World of The Married ini sesekali kalau pas lihat TV dan channel yang saya lihat sedang iklan, kabur deh lihat channel lainnya, terus ketemu serial drakor ini. Dari sekian kilasan yang saya lihat, sepertinya pernah lihat film setipe ini tapi endingnya sang suami meninggal sih. Tapi untuk drakor ini kan belum selesai ya? Jadi belum ada yg tahu endingnya bakal spt apa

    ReplyDelete
  21. Banyak hal yang membuat saya tidak mau nonton drama ini walaupun heboh banget di dunia maya, saya pecinta drakor tapi menghindari drakor semacam ini karena seperti meneteskan asam ke luka yang menganga

    ReplyDelete
  22. ini drama yang lagi booming banget di Korea dan akhirnya nyampe ke INdonesia. Saya jadi kepikiran kalau sampai banyak yang suka apakah banyak kasus yang hampir sama dialami sehingga ini seperti gambaran kisah hidup ya??

    ReplyDelete
  23. Hehehe, aq sama sekali g tertarik ama drakor ini...
    Menurutku cerita ttg pelakor sudah terlalu mainstream..
    Aku sukanya drakor yg ringan ringan aja, The King Eternal monarch misalnya

    ReplyDelete
  24. meski banyk pelajarang dibalik TWOTM, semoga aj yg nonton drakor ini tdk terinspirasi utk melalukan hal demikian, khawatir krn baper jadi ikut2an mb, hi

    ReplyDelete
  25. Waduh gara-gara baca ulasan ini aku jadi penasaran pengen nonton deh
    Aku bukan pecinta drakor, tapi jadi penasaran deh sekarang
    Ntar cari linknya aaaah

    ReplyDelete
  26. emang gemesss yaaa ama Lee Tae Oh inii, iisshh.
    kita jadi wanita emang harus buka mata, buka telinga kalau ada yang kayak gini, kalau ikuti kata hati atas nama cinta mah ya ujung-ujungnya bisa sakit hati juga.

    ReplyDelete

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.