Apa Manfaat Vaksin Dewasa di Masa Pandemi Covid-19 ? 4 Alasan Mengapa Harus Vaksinasi

by - October 03, 2020

Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk menyembuhkan infeksi virus Covid-19. Jangankan untuk menyembuhkannya, vaksin untuk mencegah penyebaran virus juga belum ada. Tentu kondisi seperti ini membuat banyak orang ketakutan, terutama mereka yang memiliki usia berisiko.
Salah satu upaya preventif yang dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah menjaga kesehatan diri seperti rajin cuci tangan, menggunakan masker dan sebagainya. Selain itu, orang dewasa disarankan untuk melakukan vaksinasi supaya tidak mudah terserang penyakit. 

Vaksin Dewasa yang Diperlukan di Masa Pandemi Covid-19


1. Vaksin Influenza

Vaksin influenza menjadi salah satu jenis vaksin yang diberikan kepada orang dewasa di masa pandemi seperti ini. Influenza atau flu merupakan penyakit umum yang biasanya sering diderita manusia, mulai bayi hingga orang tua. Influenza ini menyerang saluran pernapasan dan ditularkan melalui batuk bersin maupun kontak dengan penderitanya. Jadi penyakit ini merupakan penyakit menular. 
Meskipun influenza merupakan penyakit yang umum diderita banyak orang bukan berarti diremehkan begitu saja. Orang dewasa yang berusia lanjut yang menderita penyakit ini bisa menimbulkan terjadinya komplikasi yang parah hingga menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan orang dewasa berusia lanjut memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

2. Vaksin Pneumokokus

Selain pemberian vaksin influenza, di masa pandemi ini orang dewasa juga membutuhkan vaksin pneumokokus. Sebenarnya vaksin pneumonia dan meningitis sudah diberikan saat anak-anak. Namun, di usia lanjut atau 50 tahun ke atas dianjurkan untuk kembali melakukan vaksin ini. 
Alasannya karena semakin bertambahnya usia sistem kekebalan tubuh akan terus mengalami penurunan. Jadi pemberian vaksin ini saat usia dewasa bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Manfaat Vaksin Dewasa di Masa Pandemi Covid-19 

Image by MasterTux from Pixabay 

1. Melindungi Tubuh dari Serangan Influenza

Influenza atau flu menjadi salah satu penyakit yang memiliki tingkat penularan cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah penularan penyakit ini maka direkomendasikan untuk melakukan vaksin influenza. 
Pemberian vaksin influenza pada orang dewasa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga bisa melindungi tubuh dari serangan penyakit tersebut. Jadi, pemberian vaksin ini sangat penting terutama di masa pandemi seperti saat ini. 

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Pemberian vaksin influenza maupun vaksin pneumokokus pada orang dewasa di masa pandemi Covid-19 bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Seperti yang diketahui semakin bertambahnya usia maka sistem kekebalan tubuh akan terus menurun. Apabila hal ini diabaikan maka sangat rentan terserang berbagai virus penyakit berbahaya. 

3. Mencegah Terjadinya Komplikasi Penyakit

Influenza, pneumonia dan meningitis jika dibiarkan bisa menyebabkan terjadinya komplikasi penyakit. Maka dari itu, sebaiknya melakukan vaksin influenza dan pneumokokus. Seseorang yang menderita banyak penyakit sangat rentan terserang Covid-19. Jika sudah terinfeksi maka sulit untuk disembuhkan karena memiliki penyakit bawaan, seperti hipertensi, diabetes, dan sebagainya. 

4. Mengurangi Risiko Kematian

Sebagai salah satu penyakit menular, influenza sangat mudah ditularkan. Penularan bisa terjadi melalui bersin, batuk dan kontak langsung dengan penderitanya. Meski sering diremehkan tetapi penyakit ini bisa membuat penderitanya kehilangan nyawa. Setiap tahunnya, WHO mencatat tingkat kematian akibat penyakit ini lebih dari 650 ribu kasus di seluruh dunia. 
Untuk mengurangi risiko kematian akibat influenza bisa dengan pemberian vaksin influenza. Vaksin influenza memiliki efektivitas hingga 95 persen bagi seseorang yang memiliki tingkat imunitas tinggi. 

Vaksinasi untuk Perlindungan Kesehatan Tubuh yang Tebih Optimal




Banyaknya manfaat yang diperoleh maka perlu untuk melakukan kedua vaksin tersebut di masa pandemi tersebut. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi untuk perlindungan kesehatan tubuh yang lebih optimal. Bagi kamu yang tinggal di daerah Surabaya, bisa dengan mudah menemukan tempat vaksin Surabaya melalui aplikasi Halodoc. 
Aplikasi Halodoc akan memberikan informasi lengkap seputar tempat vaksin, jenis vaksin yang ada, serta perkiraan biaya yang harus disiapkan untuk melakukan vaksinasi. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah, cepat, dan efisien. 
Gimana, sudah coba aplikasi Halodoc? 
 

You May Also Like

0 comments

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.

Follow Me