Mudahnya Berinvestasi Emas dengan Pegadaian Tabungan Emas di Aplikasi Pegadaian Digital

Salah satu hal yang paling membuat Aku kepikiran belakangan ini adalah INVESTASI. Sejatinya investasi adalah suatu tindakan menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki dengan harapan bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. 

Selain untuk mempersiapkan dana untuk kebutuhan di masa yang akan datang seperti saat sakit, berduka maupun pensiun,  melakukan investasi juga untuk melindungi aset yang kita miliki dari ancaman inflasi yang tidak dapat diprediksi. 


INVESTASI MENABUNG EMAS DI PEGADAIAN, INVESTASI MENGUNTUNGKAN MASA KINI DAN NANTI


Salah satu jenis investasi yang diminati sejak dahulu kala adalah Investasi Emas. Coba deh lihat Ibu, Tante atau Nenek kita. Mereka kerap membeli perhiasan emas yang biasanya mereka gunakan namun juga bisa bisa membantu mereka saat kekurangan dana. Entah itu dijual atau digadai di Pegadaian. ”Hitung-hitung menabung.” Tanpa mereka sadari, sebenarnya mereka tidak hanya menabung emas tapi juga berinvestasi. 


Investasi Emas


Tapi kan harga Emas mahal ya buat kita kita yang baru bekerja … Ok baiiiqq…. 


Meskipun faktanya harga emas itu cenderung naik dalam jangka panjang tapi sebenarnya berfluktuasi juga kok.  Kerap berubah-ubah juga layaknya emosi perempuan yang bentar lagi datang bulan.  Hanya saja emas merupakan jenis investasi yang tahan lama dan mudah dijual. 


Makanya tidak salah juga sih, jika banyak diantara kita khususnya kaum perempuan seringkali tergiur untuk membeli emas, khususnya emas perhiasan. Namanya juga perempuan, suka banget sama perhiasan. Sayangnya jika dijual kembali, maka harganya bisa jadi tidak akan lebih banyak dengan harga saat kita membeli. 


Selain dipotong biaya pembuatan, permata-permata yang membuat perhiasan itu makin cantik tidak dihitung. Jangan lupakan juga ada nilai susutnya. Alasannya sih karena perhiasannya susut kena air atau keringat. Ih, mana ada emas yang susut! 


Sementara itu bagi kaum milenial, beli emas itu kesannya kek buibu banget dah! Mana harga emas pergram sudah hampir sejuta pula. Makin sulit lah untuk memulai investasi emas. Padahal sebenarnya ada cara untuk berinvestasi emas yang lebih menguntungkan dibanding dengan emas perhiasan. 


INVESTASI EMAS MUDAH DAN TERPERCAYA ITU TERNYATA DI PEGADAIAN


Aku sudah memulainya sejak tahun 2016 gara-gara Pegadaian. Sebelumnya aku hanya tahu kalau Pegadaian itu tempat menggadai emas seperti kebanyakan orang lakukan. Ternyata di Pegadaian kita juga bisa loh menabung emas seperti menabung uang di bank. 

 

Investasi emas menguntungkan



Kilas balik ke Tahun 2016, Aku sebenarnya sudah sempat membuka tabungan di Pegadaian.  Sempat rajin juga, lalu kemudian saat harga emas naik Aku cetak menjadi emas batangan. Eh ternyata abis itu aku sering lupa menabung emas, padahal nominal yang Aku sisakan hanya sekitar 30ribuan. Setahun gak diisi, tutup dong secara otomatis.


Alhamdulillah ya, tiba-tiba dapat project dari Clozette ID ( kepoin IGnya gaes di @clozetteid) untuk menulis tentang investasi. Langsung aja Aku kepikiran berinvestasi dengan cara membuka tabungan emas di Pegadaian. 


PEGADAIAN TABUNGAN EMAS ITU APA? 


Pegadaian Tabungan Emas  adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Jangan khawtir, emas yang kita beli melalui Pegadaian Tabungan Emas ada fisiknya dan disimpan di Pegadaian. 


Ada beberapa alasan mengapa aku memilih Pegadaian sebagai tempat berinvestasi emas : 


  1. Pegadaian adalah Institusi terpercaya.

tabungan emas investasi menguntungkan milenial



Tahu gak, sejarah Pegadaian dimulai di tahun 1746 sebagai lembaga keuangan yang didirikan oleh VOC. Dulu namanya belumlah Pegadaian, tetapi Bank Van Leening. Barulah ketika tahun 1811 Bank Van Leening dibubarkan diambil alih. Masyarakat pun diberi keleluasaan mendirikan Pegadaian. Tahun 1901, Pegadaian pertama di buka di Sukabumi dan sampai sekarang Pegadaian telah menjadi BUMN berpengalaman yang terdaftar dan diawasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan transparan dalam pengelolaannya. Dengan 4500 outlet Pegadaian di seluruh Indonesia, rasanya gak bakal sulit menemukan kantor atau gerai Pegadaian di sekitar kita. 


  1. Jaminan Emas 24 Karat  

Karena ini adalah emas batangan, jadi gak akan ada campuran logam lainnya sehingga dapat dipastikan emas yang ada di Pegadaian itu asli 24 karat.  


  1. Pembukaan Rekening PEGADAIAN Tabungan Emas Sangat Mudah


Saat aku datang ke outlet Pegadaian di jalan Singa Makassar, Sebenarnya Aku agak ngeri juga. Maklum, masih era Covid 19 gini. Alhamdulillah Pegadaian benar-benar menerapkan protokol kesehatan. Sebelum masuk, mencuci tangan dengan handsanitizer dan cek suhu oleh security. Setelah aku dipersilahkan masuk ke bagian dalam, langsung ke teller. 


Cara Investasi Emas Mudah



Setelah mengutarakan niat untuk membuka rekening tabungan emas Pegadaian, Aku diminta menunjukkan identitas diri berupa KTP (tapi SIM dan Paspor juga bisa kok). Selain itu ada beberapa formulir pendaftaran berupa data diri yang diisi secara computerized sesuai identitas kita yang perlu ditandatangani. Tidak lupa sebelum tanda tangan aku baca dulu data-datanya, jangan sampai ada yang salah atau ada syarat dan ketentuan yang tidak aku mengerti. 


Setelah itu aku membayar biaya admin, pengelolaan rekening dan investasi emas Pertama. Gak berapa lama, voila.. jadi deh rekeningnya.

  1. Pembelian Mulai dari 0,01 gr 

Untuk investasi awal kita sudah bisa membuka tabungan emas hanya dengan membeli emas seberat 0,01 gr. Misal jika harga emas per gramnya adalah Rp.950.000 maka 0,01 gr adalah sebesar Rp. 9500 saja.


Sebagai contoh saat aku membuka tabungan emas di Pegadaian, Aku menyetor Rp.50.000 untuk pembukaan tabungan dengan rincian : 

  1. Biaya admin Rp.10.000
  2. Biaya pengelolaan rekening Rp.30.000
  3. Pembelian emas Rp.10.000 seberat 0.0110 gr. 
Tabungan emas investasi milenial


Cukup sederhana dan terjangkau, kan? Dengan nilai yang sama Aku bisa beli kopi di coffee shop franchise ternama. Bedanya kali ini kupergunakan untuk langkah pembuka investasi dengan membuka tabungan Emas di Pegadaian. 

  1. Biaya Pengelolaan Rekening Ringan 

Seperti yang aku sebutkan di atas, biaya pengelolaan rekeningnya hanya Rp.30.000/per tahun, bukan perbulan.  Bahkan di tahun Pertama, kita tidak dikenakan biaya pengelolaan rekening. Alhamdulillah ,ya! 

  1. Dapat dicetak Fisik 

Menurut petugas di outlet Pegadaian, jika merasa ingin melihat saldo tabungan kita dalam bentuk emas, nasabah boleh loh mengorder untuk cetak emas dalam bentuk fisik entah itu dalam bentuk batangan, kepingan ataupun koin. Jangan sedih harus nunggu berkilo kilo baru bisa dicetak, karena cetak fisik ini dapat dilakukan mulai dari 1 gram. Cute banget, sih! 


Investasi emas menguntungkan


  1. Dapat ditransfer ke Sesama Pemilik PEGADAIAN Tabungan Emas

Ini dia yang menarik. Jika misalnya kita ada keperluan, atau hal-hal lain yang mengakibatkan kita butuh mentransfer dana kita, jangan khawatir bun! Pemilik tabungan emas Pegadaian bisa loh saling transfer ke sesama pemilik tabungan emas juga. Seru banget ya, biasanya transfer mata uang, ini bisa transfer emas. 

  1. Mudah dicairkan (buyback atau gadai)

Jika kapan-kapan kita perlu dana tunai, tabungan emas kita ini mudah dicairkan baik dengan cara kita menjualnya kepada Pegadaian ataupun di gadai. Penggadaiannya ini bisa dilakukan secara manual dengan datang ke outlet-outlet Pegadaian atau bisa melalui aplikasi Pegadaian Online. 

  1. Dapat dijadikan Jaminan Pembiayaan Haji di Pegadaian

Selain investasi dunia, jangan lupa investasi akhiratnya bun. Tabungan Emas Pegadaian pun bisa dijadikan jaminan pembiayaan Haji di Pegadaian, loh! 

  1. Dapat dilakukan secara online di Pegadaian Digital

Nah, ini dia mudahnya menabung emas di Pegadaian apalagi di jaman Covid 19 belum reda juga dan kita tetap harus menjaga social distancing. Ini juga memudahkan para kaum Milenial yang males ngantri depan teller atau CS untuk buka tabungan. Nah, Pegadaian memungkinkan para calon nasabah untuk membuka tabungan emas secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital. 


APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL, BUKA REKENING PEGADAIAN TABUNGAN EMAS SEMUDAH ITU. 


Sedikit cerita nih tentang Pegadaian Digital, jadi ceritanya setelah Aku membuka rekening tabungan emas secara offline dengan datang langsung ke outlet Pegadaian, Aku baru tahu dari petugas di Outlet Pegadaian bahwa saat ini bisa banget buka rekening secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Caranya sangat mudah: 

  1. Download Aplikasi PEGADAIAN DIGITAL di Google Playstore untuk pengguna android dan Appstore bagi pengguna iOS. 
  2. Registrasi akun kamu untuk memulai. Masukkan nama, nomer handphone dan email. 
  3. Buat Password dengan kombinasi yang sulit ditebak agar akun lebih aman. 
  4. Pilih menu buka Tabungan emas pada menu utama
  5. Input data diri dan pilih cabang lokasi pembukaan rekening 
  6. Lakukan pembelian saldo awal ebesar Rp.50.000 dan lakukan pembayaran sesuai petunjuk. 
  7. Pilih metode pembayaran melalui bank atau G-cash. Cek status pembayaran dan pengaktifan rekening di aplikasi atau di email. 
  8. Jika rekening telah aktif, buku tabungan dapat diambil di cabang pendaftaran. 

Misalnya pun ada kendala jaringan atau kendala sistem, kamu bisa menghubungi call centre.1500569 atau WA ke nomer 081324432443 juga bisa melalui email ke customer.care@pegadaian.co.id. Officernya akan siap membantu kendala kamu. 


Oiya, kamu juga bisa kepoin info terupdate lainnya melalui akun instagram @sahabatpegadaian . 




KEGUNAAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL 


Tentunya langsung aku pake dong Aplikasi Pegadaian Digitalnya meskipun aku mendaftarkan rekening PEGADAIAN Tabungan Emas secara offline. Pertama tama, aku hubungkan terlebih dahulu nomer CIF yang ada pada buku tabungan dengan aplikasi.  Soalnya dengan Aplikasi Pegadaian Digital aku bisa gunakan untuk  :


1. Top Up Saldo

Selain melalui outlet Pegadaian, ATM ataupun Agen.  Untuk transaksi top upnya mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per Hari per CIF. 


 2. Gadai Emas

Nasabah dapat melakukan gadai emas yang mana uang pinjamannya langsung ditransfer ke rekening bank yang didaftarkan saat melakukan upgrade Akun Premium. Proses pencairannya cepat, pada hari itu juga. 


3. Cicil Emas

Pilih cicil logam Mulia dengan metode angsuran yang mudah dan aman atau bisa juga pilih cicil perhiasan di merchant misalnya Galeri 24 hanya dengan menjaminkan tabungan emasmu. Cocok banget buat kita yang tetap pengen punya perhiasan emas selain emas batangan atau koin. 


4. Info Harga Emas Terkini 

Ini penting banget sih, agar tahu harga jual dan harga beli per hari ini karena memang harga emas yang berfluktuasi. Jadi harus pinter pinter nih untuk menentukan kapan beli dan kapan jual. 


5. Jual Beli Emas 

Gak perlu ribet sis, untuk beli atau jual emas tabungan kamu. Aplikasi Pegadaian Digital punya fitur Beli dan Jual kok. Cukup pilih nomer rekening, input Jumlah pembelian atau penjualan nanti akan dikonversi secara otomatis ke gram emasnya. Semudah itu! 


6. Transfer 

Seperti yang aku sebutkan di atas, Pegadaian Tabungan Emas ini memungkinkan kita transfer transferan emas melalui Aplikasi Pegadaian Digital. Cukup pastikan saja nomer rekening yang akan dijadikan tujuan transfer sudah benar. Mudah dan aman. 


7. Cetak Emas

Daripada jauh jauh ke outlet, kita bisa loh mencetak tabungan emas menjadi emas batangan mulai dari 1 gram. Pesan cetak emas ini bisa dilakukan melalui aplikasi dengan berbagai macam pilihan merk dan ukuran emas batangan. Kita juga bisa mengecek status pemesan kita melalui aplikasi. Semudah itu! 


INVESTASI EMAS DARI SEKARANG, GAK ADA RUGINYA


Banyak banget sebenarnya hal yang memudahkan kita untuk berinvestasi tanpa harus menunda-nunda lagi. Entar aja deh gak ada duit, besok aja deh males ngantri! Uh, sudah basi tuh alasannya. 


Buktinya dengan modal Rp.50.000 aja seharga ngopi di coffee shop, sebenarnya kamu sudah bisa punya  Pegadaian Tabungan Emas dengan saldo awal 0,01 gram emas. Setelah itu top up terus tabungan emas kamu, lama-lama juga bisa sampai 1 gram lalu 5 gram eh gak berasa bisa jadi 100 gram dari modal mengurangi jatah nongkrong di cafe doang. Semuanya bisa dilakukan melalui Aplikasi Pegadaian Digital pula! 


Memang emas sebagai investasi bukannya tanpa resiko. Setiap investasi ada aja kok resikonya, tidak terkecuali emas. Namun, jika dibandingkan dengan instrumen lain seperti saham, pasar uang dan sebagainya, investasi emas cenderung beresiko rendah. 


Meski mudah dijual bukan berarti dapat memberikan penghasilan atau keuntungan yang rutin apalagi instan. Investasi emas lebih cocok digunakan untuk tujuan jangka panjang dan bisa menjaga nilai uang dari inflasi. 


Saran aku sih, begitu sudah mencapai 1 gram, langsung dicetak aja jadi emas. Sebelum menabung, niatkan untuk nabung yang nantinya akan dibelikan emas. Intinya sih, nabung dulu aja supaya ada 'payung sebelum hujan' bukan untuk gambling naik turunnya harga emas, apalagi dijadikan 'berdagang secara riba'. 


Nah gimana, Kamu sendiri pilih investasi emas dengan membeli perhiasan emas atau merencanakan masa depan kamu dengan investasi Pegadaian Tabungan Emas ?  Komen dibawah yuk! 

4 komentar

  1. Aku nyesel kenapa mulai rutin beli LM itu baru 2014. Seharusnya dr awal kerja. Tapi ga nyesel memang rutin membeli LM, kalo perhiasan aku ga suka mba. Buatku LM ini nantinya utk uang oensiun. Dana daruratku juga pake LM nabungnya. Krn ga kena inflasi. Toh dana darurat itu dipake kalo memang darurat aja yg mana pengeluaran tsb ga bisa dicover pake aset ku yg lain dan asuransi.

    Tapi selain LM,aku juga rutin beli emas digital melalui pegadaian :). Sama kita mulai dr 2016. Tiap bulan selalu aku isi, dan tabungan anak2 aku buka di Pegadaian juga. Targetnya ntr utk kuliah mereka :).

    Kemarin dong, ada org marah2 di FB. Dia tulis kapok nabung emas di Pegadaian. Uangnya malah nyusut. Duuuuh aku bacanya gemeees mba.

    Udh kliatan dr awal dia ga ngerti pas buka rek emas di Pegadaian pasti. Ya namanya ini emas, harga jual dan beli pasti beda. Dan emas itu baru berasa keuntungannya setelah JK oanjang. Kalo misalnya THN kemarin dia beli, THN ini dia jual, ya jelas ajaaaa rugi. Gemeees Ama org yg begitu. Ga ngerti, tp malah nyalahin institusinya dan menghasut jgn ikutan nabung di sana -_- . Suruh nabung di celengan aja org tipe begini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba banyak yang kurang paham bahwa harga emas itu berfluktuatif, naik turun juga meskipun gak sedrastis banget turunnya. Emas memang bagus untuk investasi jangka panjang, tapi kalau baru beli lalu dijual lagi yaah gak bakal untung banyak juga. Kalau aku nabung di Pegadaian lebih karena Emas cenderung susah buat aku belanjain untuk debet hahaha..jadi aman.

      Hapus
    2. Samaaaaa aku juga :D. Kalo di rek biasa, bawaan JD gampang pengen narik kan mba. Kalo di rek yg begini kan JD mikir kalo mau narik. Apalagi kalo harganya belum naik :D

      Hapus
  2. nyesel baru tahu soal tabungan emas tahun 2021 ini mbak, dulu gak melek investasi :( aku pun mulai baru tahun ini buat menabung emas

    BalasHapus

Silahkan share postingan ini jika suka, tapi.. jangan dicopas ya. Semua komentar dimoderisasi terlebih dahulu. Komen dengan link hidup, mohon maaf tidak saya approve. A happy reader is one of my excitement of being blogger. Terima kasih sudah berkunjung.